Jumat , 24 Mei 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Tenaga Honorer Dievaluasi

Tenaga Honorer Dievaluasi

KEPAHIANG – Ini kabar yang kurang mengenakkan bagi para pegawai honorer di Kabupaten Kepahiang. Pasalnya pascaseleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan pada akhir 2018 lalu, Pemkab Kepahiang berencana akan melakukan evaluasi terhadap kinerja para pegawai honorer. Bahkan bukan tidak mungkin bagi honorer yang kinerjanya dinilai tidak maksimal, akan dilakukan perampingan.

Bahkan tersiar kabar dari 1.200 orang tenaga honorer yang ada di lingkungan Pemkab Kepahiang dan jajarannya, hanya 30 persen saja yang akan dipertahankan untuk tetap bekerja. Sementara 70 persen lainnya terancam akan segera dirumahkan, mengingat hasil penilaian kinerja yang dilakukan Pemkab Kepahiang, menyatakan para honorer tersebut tidak produktif dalam menjalankan tugasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM ketika dikonfirmasi mengungkapkan, honorer yang kinerjanya tidak maksimal dinilai sangat membebani daerah. Ditambah lagi setelah seleksi CPNS ini Pemkab Kepahiang juga akan melakukan rekruitmen Pegawai Pemerintahan Dengan Perjanjian Kerja (P3K), dimana beban belanja pegawai dalam APBD 2019 tentunya akan semakin meningkat.

“Saat ini kita masih fokus melakukan pendataan dan evaluasi kinerja para pegawai honorer. Selama ini kita berharap para honorer ini bisa mengisi kekosongan ASN yang masih minim. Namun dengan kinerja yang tidak sesuai apa yang kita harapkan, evaluasi dan perampingan merupakan kebijakan yang tepat untuk dilakukan guna meningkatkan kinerja pemerintah,” jelas Zamzami, kemarin (21/1).

Namun demikian, Zamzami mengatakan beberapa sektor yang akan tetap dipertahankan diantaranya tenaga cleaning servis, sopir, kurir dan tenaga honorer lainnya yang memang dibutuhkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sisanya dari hasil evaluasi yang melibatkan seluruh OPD nantinya, beberapa tenaga honorer yang dinilai tidak produktif akan dirumahkan.

“Saat ini ada 287 CPNS hasil seleksi akhir tahun lalu, dan 565 orang yang akan diambil dari rekruitmen P3K. Hasil dari kedua rekruitmen ini secara otomatis nantinya akan menggantikan tugas para honorer yang mengambil peranan di bidang-bidang tersebut,” demikian Zamzami. (sly)

Berita Lainnya

Dinas PUPR Klaim Sudah Ajukan Dokumen Lelang

KEPAHIANG – Plt Kepala Dinas PUPR Kepahiang Rudi Andi Silaloho, ST mengaku pihaknya sudah menyampaikan ...

error: Content is protected !!