Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Lebong / 54 Mobnas PDT, Belum Dikembalikan

54 Mobnas PDT, Belum Dikembalikan

DIKANDANGKAN: Tiga mobnas bantuan Kemendes PDT berupa mobil bak terbuka (pikap) yang sudah diserahkan OMS ke Bidang Perhubungan, Dinas PUPRHub Lebong.

PELABAI – Hingga batas akhir Senin (21/1), belum seluruh mobil dinas (mobnas) bantuan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT) di Kabupaten Lebong dikembalikan ke Bidang Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-Hub). Dari 61 unit mobnas yang dipakai Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) di 61 desa, baru 7 unit yang diserahkan ke Bidang Perhubungan.

Sementara 54 OMS lainnya belum menyerahkan mobnas yang dipinjamkan tanpa koordinasi sama sekali ke Bidang Perhubungan. Rencananya, tim penertiban dari Bidang Perhubungan akan menarik langsung mobnas itu. ‘’Kami tunggu dalam satu dua hari ini. Kalau tidak juga kooperatif, terpaksa kami tarik mobil bantuan Kemendes PDT itu,’’ kata Kabid Perhubungan, Dinas PUPRHub Kabupaten Lebong, Ummi Haidar Rambe, ST, M.Si.

Ketika memang harus dilakukan penarikan, lanjut Ummi, pihaknya akan melibatkan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Bahkan tidak menutup kemungkinan melibatkan aparat penegak hukum. Terkait waktunya, akan dikoordinasikannya bersama lintas sektoral.

‘’Yang jelas langkah persuasif sudah kami jalankan dan sangat kami harapkan itikad baik dari pemegang kendaraan untuk mengembalikannya,’’ terang Ummi.

Dari 7 mobil yang sudah dikembalikan, 1 unit diantaranya dalam keadaan tidak dilengkapi dokumen kepemilikan. Tidak ada Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Yakni mobnas jenis Toyota Hilux yang sebelumnya dipegang OMS Desa Talang Leak I, Kecamatan Bingin Kuning. ‘’Kami akan meminta pertanggungjawaban OMS pemegang,’’ tukas Ummi.

Sementara 6 mobnas lain yang sudah diterima Bidang Perhubungan, Toyota Hilux dari OMS Desa Ujung Tanjung III, Kecamatan Lebong Sakti, Toyota Hilux dari OMS Desa Nangai Tayau I, Kecamatan Amen, Toyota Hilux dari OMS Desa Talang Ratu, Kecamatan Rimbo Pengadang dan Toyota Hilux dari OMS Desa Air Kopras, Kecamatan Pinang Belapis. Kemudian truck Mitsubishi Canter dari OMS Desa Mangkurajo, Kecamatan Lebong Selatan dan mobil Mitsubishi L300 dari OMS Desa Bukit Nibung, Kecamatan Bingin Kuning.(sca)

Berita Lainnya

Diundang Assesment Program Smart City

PELABAI – Hari ini Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Lebong diundang ...

error: Content is protected !!