Rabu , 22 Mei 2019
Home / Pemilu / Periksa Kepala BPKD Provinsi

Periksa Kepala BPKD Provinsi

BENGKULU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu kembali melakukan proses klarifikasi terhadap berbagai pihak berkenaan dengan adanya laporan dugaan penggunaan gedung milik pemerintah yakni Persada Bung Karno. Gedung tersebut digunakan saat deklarasi tim pemenangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin pada 13 Januari 2019.

Kemarin (22/1), giliran Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Heru Susanto yang dimintai keterangan oleh Bawaslu. Heru diklarifikasi di ruang sidang kantor Bawaslu Provinsi yang dihadapkan langsung dengan Komisioner Bawaslu Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran, Halid Syaifullah, SH, MH dan Koordinator Divisi Penegakan Hukum, Dodi Hermansyah serta penyidik Polda Bengkulu yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu.

Ditemui usai pemeriksaan, Halid mengatakan sebelumnya mereka memang menyurati Sekdaprov yang isinya meminta agar diutus pihak yang berwenang memberikan keterangan berkaitan dengan aset pemerintah daerah yang dalam hal ini Persada Bung Karno.

“Tadi (kemarin, red) sudah kita mintai keterangan berkaitan dengan sistem pengelolaan dan lain-lain, untuk memperkaya data Bawaslu. Persada Bung Karno memang aset Pemprov, tetapi kita ada mekanisme dan lain-lain. Kalau isinya (pemeriksaan dan klarifikasi) kita belum berani publis karena belum difinalisasi di tingkat Bawaslu dan Sentra Gakkumdu,” terang Halid.

Mobnas Jadi Temuan

Sementara itu, berkenaan dengan adanya temuan mobil dinas (mobnas) rupanya tidak hanya mobnas yang dipakai gubernur, Bupati Kepahiang dan Plt Bupati Bengkulu Selatan (BS) saja yang menjadi temuan. Akan tetapi mobnas yang digunakan untuk tumpangan saat mendatangi deklarasi di Persada Bung Karno juga diduga ada mobnas milik Pemkab Rejang Lebong.

Oleh karena itu, Bawaslu Provinsi sudah meminta agar Bawaslu Rejang Lebong melakukan klarifikasi berkenaan hal tersebut. “Untuk klarifikasi ke Rejang Lebong itu kita minta teman-teman dari Bawaslu Rejang Lebong untuk mengklarifikasi soal dugaan ada kendaraan dinas yang berkaitan dengan kegiatan deklarasi tersebut,” beber Halid.(zie)

Berita Lainnya

Siap Mendukung Keputusan KPU

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil Pemilu 2019 termasuk Pemilihan Presiden (Pilpres), ...

error: Content is protected !!