Rabu , 26 Juni 2019
Home / Daerah / Lebong / Segera Kerjakan Jalan Sebelat Ulu-Sungai Lisai

Segera Kerjakan Jalan Sebelat Ulu-Sungai Lisai

PELABAI – Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si memerintahkan pihak pelaksana segera merealisasikan pekerjaan pembukaan jalan tembus Desa Sebelat Ulu-Desa Sungai Lisai, Kecamatan Pinang Berlapis. Dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) yang teknisnya akan dilaksanakan Kodim 0409 Rejang Lebong melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

‘’Harus segera dikerjakan, jangan ditunda-tunda,’’ kata Rosjonsyah ketika memimpin rapat persiapan pengembangan transportasi terbatas jalan Desa Sebelat Ulu menuju Desa Sungai Lisai, di ruang rapat kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong kemarin (22/1).

Keinginannya mempercepat pembangunan jalan tembus itu berkaitan dengan kebutuhan mobilitas masyarakat Desa Sungai Lisai menuju pusat Kabupaten Lebong. Mengingat akses transportasi menuju Desa Sungai Lisai sampai saat ini hanya bisa ditempuh berjalan kaki atau melalui sungai. Terlebih pembangunan jalan itu sudah disetujui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sehingga tidak ada alasan lagi pekerjaannya ditunda.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si memastikan semua pihak telah sepakat melakukan survei ke lokasi pembangunan. Baik dari Dinas PUPRHub, Bappeda, Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Babin Kamtibmas Polres Lebong, Kodim 0409 Rejang Lebong serta perwakilan Desa Sebelat Ulu dan Desa Sungai Lisai, Kecamatan Pinang Berlapis.

‘’Kalau tidak ada kendala, rencananya minggu ini survei kami lakukan. Dalam survei, akan dilakukan penentuan rute jalan yang akan dibangun. Termasuk memberikan tanda titik kritis di sepanjang jalan ruas dan menentukan peralatan yang akan digunakan dalam pekerjaan hingga penentuan titik basecamp. Juga pemasangan rambu, sosialisasi kepada masyarakat dan membentuk kelompok pengamanan,” papar Eddy.

Teknis survei akan dilakukan 2 tim. Tim pertama akan menentukan ruas jalan yang akan dibangun, dokumentasi dan basecamp. Tim kedua bertugas menentukan titik kritis, penentuan lokasi papan informasi dan peringatan agar apa yang telah diinformasikan tidak dilangar. Akan dibentuk juga tim pengamanan swadaya masyarakat serta melaksanakan sosialisasi.(sca)

 

Berita Lainnya

315 PNS Bakal Pensiun

PELABAI – Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal terus ...

error: Content is protected !!