Kamis , 21 Februari 2019
Home / Metropolis / Gaji Honorer Guru Dibawah UMP Hanya Rp 1,25 Juta

Gaji Honorer Guru Dibawah UMP Hanya Rp 1,25 Juta

BENGKULU – Honor guru honorer SMA/SMK/SLB yang diambil alih kewenangannya oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu belum layak. Saat ini hanya Rp 1,25 juta per bulannya, cukup jauh dari upah minimum provinsi (UMP) yang diteken gubernur Rp 2,04 juta per bulan. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Budiman Ismaun mengakui guru honorer SMA/SMK/SLB yang di SK oleh bupati/walikota mereka ambil alih penggajiannya.

Memang per bulan yang dibayarkan pada guru honorer itu masih di bawah UMP. “Yang kita bayar honornya itu yang di SK kan oleh bupati dulu. Kalau jumlah gurunya sedikit, karena tidak seluruh daerah mengangkat guru honorer dengan SK bupati,” katanya.

Yang banyak adalah guru honorer sekolah dengan SK kepala sekolah. Untuk honorarium mereka tergantung dari dana komite. Jumlahnya juga berbeda di setiap sekolah. Namun nominalnya memang tergolong kecil. Jumlah guru honorer sekolah ini mencapai 3.000 orang. Dengan gaji yang kecil dan bervariasi mereka kemudian masih semangat mengajar. “Mereka masih mengajar,” katanya.

Namun ada harapan guru honorer ini untuk mendapatkan kesejahteraan lebih layak. Sebab ada komitmen menteri untuk menyelesaikan masalah guru honorer ini. Dengan seleksi pengangkatan pengawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Guru honorer yang sudah lama mengabdi yang umurnya di atas 35  tahun masih bisa ikut seleksi PPPK.

“Jadi biarkan dulu penyelesaian guru honorer itu,” katanya.

Sehingga sekolah diminta untuk tidak mengangkat guru honorer baru. Walaupun terpaksa harus mengangkat guru honorer, utamakan guru PNS yang sudah pensiun kemudian dikaryakan kembali menjadi guru honorer. “Karena guru pensiunan PNS ini mereka lebih handal terampil dan berpengalaman. Kemudian mereka tidak mungkin minta diangkat menjadi PNS lagi. Kalau mengangkat honorer baru mereka nanti akan menuntut diangkat PNS lagi,” tutupnya.(del)

Berita Lainnya

Pinjaman Dana SMI Terancam Batal

BENGKULU – Usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu meminjam dana ke PT Sarana Multi Infasrtuktur (SMI) ...