Selasa , 25 Juni 2019
Home / Berita utama / Terdakwa Raperda Limbah Kembalikan Kerugian Negara Rp 144 Juta

Terdakwa Raperda Limbah Kembalikan Kerugian Negara Rp 144 Juta

KEMBALIKAN UANG: Jaksa menghitung uang pengembalian Kerugian Negara (KN) yang diserahkan perwakilan terdakwa kasus pembuatan Raperda Air Limbah Kabupaten Bengkulu Utara, Rabu (23/1).

BENGKULU – Pengembalikan uang kerugian negara perkara korupsi pembuatan Raperda Air Limbah di Kabupaten Bengkulu Utara bertambah. Itu setelah terdakwa Azwar Alfian melalui kerabatnya menyetor Rp 144 juta ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu, Rabu  (23/1) siang. Sehingga jumlah pengembalian kerugian negara mencapai Rp 415 juta, sesuai hasil audit BPK. Sebelumnya terdakwa Azwar selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sudah mengembalikan Rp 200 juta, sedangkan terdakwa Adi  Argahposa, Konsultan dari PT. SKA sudah mengembalikan sebesar Rp 71 juta.

Kajari Bengkulu, Emilwan Ridwan, SH, MH mengatakan dengan telah dikembalikan seluruh temuan kerugian negara oleh kedua terdakwa,  tidak membuat kedua terdakwa bebas jeratan hukum. Akan tetapi, pengembalian Kerugian Negara ini tentu akan menjadi pertimbangan jaksa penuntut umum (JPU) dalam memberikan tuntutan kepada kedua terdakwa. Selain itu akan menjadi bahan pertimbangan majelis hakim saat memutuskan perkara ini nantinya.

“Jadi memang total dari kerugian negara yang ditimbulkan sudah dikembalikan oleh kedua terdakwa. Tentu nanti akan menjadi bahan pertimbangan kami dalam memberikan tuntutan,” ujar Emilwan.

Untuk diketahui, pada September 2018 lalu penyidik Kejati Bengkulu menetapkan Azwar dan Adi sebagai tersangka dan langsung dilakukan penahanan. Dalam perkara ini ada indikasi Azwar sesuai dengan tugas dan fungsi PPK seharusnya melakukan pengawasan kegiatan, justru mengerjakan penyusunan raperda. Padahal pada saat lelang proyek dimenangkan oleh PT SKA yang seharusnya melaksanakannya. Sejauh ini perkara ini masih dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Bengkulu.(zie)

Berita Lainnya

Serbu, Kampung Seru IM3 Ooredoo di Kabupaten Kepahiang

BENGKULU- Mensosialisasikan produk andalan terbaru New Freedom dari IM3 Ooredoo, Minggu (23/6), Indosat Ooredoo Bengkulu ...

error: Content is protected !!