Rabu , 24 April 2019
Home / Pemilu / Ayo Kenali Bentuk Warna Surat Suara

Ayo Kenali Bentuk Warna Surat Suara

BENGKULU – Surat suara Pemilu 2019  paling rumit jika dibanding dengan pemilu sebelumnya. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, S.Ag, MM mengatakan sosialisasi surat suara Pemilu 2019 kepada masyarakat sudah KPU dan jajaran gencarkan.

Dia berharap para pemilih dapat secara seksama memperhatikan agar nanti dalam proses pemilihan tidak salah mencoblos. Dijelaskannya, terdapat lima jenis suara suara yakni warna kuning untuk memilih DPR RI, warna merah untuk memilih DPD RI, warga biru untuk DPRD Provinsi dan warna hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota serta warna abu-abu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden. “Nanti dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilih akan diberikan lima lembar surat suasa untuk dicoblos,” kata Irwan.

Di sisi lainnya, Irwan juga menyampaikan bahwa saat ini untuk surat suasa sedang dalam proses pencetakkan. Menurutnya, pendistribusian surat suara yang sudah selesai dicetak tersebut akan dilakukan paling lambat 29 Maret 2019.

Terpisah, Pengamat Politik dari Universitas Bengkulu, Drs. Azhar Marwan, M.Si mengatakan dengan banyaknya jenis surat suara pada saat Pemilu 17 April 2019 akan membuat bingung masyarakat yang akan memilih khususnya pemilih yang sudah berusia senja. “Kita harapkan agar sosialisasi oleh KPU ini gencar dilakukan kepada masyarakat, khususnya untuk yang sudah berusia lanjut,” saran Azhar.(zie)

 

Berita Lainnya

Pleno PPK Bisa Diperpanjang

ARGA MAKMUR – Jadwal tahap pertama pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu di tingkat PPK terakhir ...

error: Content is protected !!