Rabu , 22 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Relasi Bengkulu Utara Siap Kampanyekan Pentingnya Menyalurkan Hak Pilih

Relasi Bengkulu Utara Siap Kampanyekan Pentingnya Menyalurkan Hak Pilih

PENGARAHAN: Relawan Demokrasi saat diberikan pengarahan oleh Komisioner KPU Bengkulu Utara. (foto : shandy/rb)

ARGA MAKMUR – KPU Bengkulu Utara mengukuhkan 55 Relawan Demokrasi (Relasi) yang akan bertugas hingga 17 April 2019, kemarin. Mereka terbagi di beberapa bidang seperti pemilih pemula, berkebutuhan khusus hingga generasi milenial.

Relasi akan bertugas mengkampanyekan tahapan pemilu mulai dari DPT hingga waktu pemilihan. Yang terpenting adalah mereka harus memberikan pemahaman pada masyarakat akan pentingnya menyalurkan hal pilih dalam pemilu yang menentukan nasib bangsa selama lima tahun ke depan.

“Maka kita lakukan pembekalan pada seluruh relawanan sehingga mereka tahu apa tugas mereka dan apa yang nantinya akan mereka jelaskan pada pemilih,” kata Ketua KPU BU, Roges Mawansyah, SE, ME.

Bukan hanya secara langsung ada juga diantara mereka yang berkewajiban memberikan penyuluhan pada pemilih pemula yang memang aktif terutama dalam berbagai media sosial. “Kita lakukan pembekalan sesuai bidang tugasnya masing-masing agar seluruh masyarakat mau menyalurkan hak pilihnya di 17 April mendatang,” pungkas Roges.

Bekal Untuk Relasi

Hampir seluruh KPU Kabupaten/ Kota di Provinsi Bengkulu sudah menuntaskan perekrutan anggota Relasi. Tahapan selanjutnya memberikan bekal kepada Relasi ini sebelum turun mensosialisasikan seputar kepemiluan. Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah mengatakan ada beberapa hal yang harus dikuasai Relasi sebelum mereka menyampaikan materi sosialisasi kepada masyarakat.

Dalam pembekalan, Relasi diberikan pemahaman mengenai pengertian demokrasi, pengertian pemilu, dan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu. “Selain itu, nantinya Relasi juga akan diberikan bekal pengetahuan berkaitan dengan sejarah Pemilu di indonesia yang dimulai sejak tahun 1955, 1971, 1982, 1987, 1992, 1997, 1999, 2004, 2009 dan 2014,” papar Darlinsyah.

Relasi juga akan diberikan bekal berkenaan dengan pentingnya menggunakan hak pilih saat pemilu sehingga dapat memberikan pemahaman bahwa satu suara pemilih menentukan masa depan bangsa. Juga diberikan materi berkenaan dengan sejarah KPU, waktu pemungutan suara yang jatuh pada 17 April 2019 mulai pukul 07.00-13.00 WIB, lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), syarat memilih, jenis-jenis pemilih, para peserta pemilu dan materi-materi lainnya yang memang berkaitan seputar kepemiluan.(qia/zie)

 

Berita Lainnya

Siap Mendukung Keputusan KPU

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil Pemilu 2019 termasuk Pemilihan Presiden (Pilpres), ...

error: Content is protected !!