Jumat , 24 Mei 2019
Home / Daerah / Kaur / CJH Subur, Bayar Tambahan Rp 20 Ribu

CJH Subur, Bayar Tambahan Rp 20 Ribu

ALBERTUS/RB
CEK KESEHARAN: Dokter Puskesmas Bintuhan saat memeriksa kesehatan Calon Jamaah Haji (CJH) Kaur kemarin (25/1).

KOTA BINTUHAN – Sempat marak penilaian mahal biaya pemeriksaan kesehatan Calon Jamaah Haji (CJH) Kaur cepat ditanggapi Kepala Dinas Kesehatan Kaur, Azwar, S.Sos melalui Kabid Pelayanan Pengendalian Penyakit (P2P), Juli Haryanto. Mencuatnya kabar ini lantaran ada yang mengaku di daerah lain pemeriksaan kesehatan gratis.

Juli menerangkan biaya pemeriksaan kesehatan yang dilakukan RSUD Kaur dan juga Puskesmas Bintuhan sesuai Perda Nomor 13 tahun 2013. Biaya Rp 670 ribu dibagi jadi dua, yakni Rp 300 ribu masuk ke Puskesmas Bintuhan dan sisanya ke RSUD Kaur. Karena pemeriksaan kesehatan tidak hanya dilakukan di Puskesmas Bintuhan saja, juga di rumah sakit seperti rontgent dan sebagainya.

“Kalau soal biaya di daerah lain gratis kita belum tahu, yang pasti biaya pemeriksaan kesehatan yang kita lakukan sesuai perda. Rinciannya bisa cek langsung ke puskesmas atau rumah sakit. Hampir setiap tahun ada biaya pemeriksaan kesehatan CJH,” terang Juli.

Khusus CJH yang masih usia subur akan dikenakan biaya tambahan Rp 20 ribu untuk pemeriksaan tes kehamilan. Karena tes kehamilan tidak termasuk dalam rincian biaya yang tertera dalam perda, jika CJH sudah tidak lagi memasuki usai subur tidak lagi dites kehamilan.

Pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan RSUD dan Kaur dan Puskesmas Bintuhan berlangsung tiga hari, mulai kemarin (25/1) dan berakhir Minggu (27/1). Hingga kemarin dari 108 CJH Kaur yang sudah periksa di rumah sakit dan Puskesmas Bintuhan hampir 50 orang.

Dokter di Puskesmas Bintuhan, dr. Wendra Harianto berharap CJH dapat menjaga pola makan dan pantangan yang diberikan dokter. Karena masih ada waktu bagi CJH menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakitnya sebelum berangkat haji tahun 2019.

“Semua kita cek, mulai dari kolestrol, gula darah dan organ dalam melalui rontgent di RSUD Kaur. Kita harap setelah tahu penyakitnya, CJH dapat rutin melakukan pengobatan dan tidak makan-makanan pantangan. Apalagi CJH Kaur banyak yang usianya di

Berita Lainnya

Paripurna HUT Kaur 15 Dewan Absen

KOTA BINTUHAN  – Pascapemilu, agaknya membuat anggota DPRD Kaur mulai malas. Ini terlihat dari kehadiran ...

error: Content is protected !!