Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Harga TBS Rp 1.250/Kg

Harga TBS Rp 1.250/Kg

MUKOMUKO – Harga beli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di tingkat pabrik, bertahan diangka tertinggi Rp 1.250 perkilogram. Dan harga tersebut hanya berlaku di pabrik milik PT. Usaha Sawit Mandiri (USM). Pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) ini, beroperasi di Kecamatan Lubuk Pinang.

Sedangkan beberapa pabrik lainnya, masih membeli buah sawit petani di bawah Rp 1.250 perkilogram. Seperti pabrik sawit milik PT. Sapta hanya mampu membeli buah sawit Rp 1.150 perkilogram, PT. KSM sebesar Rp 1.170 perkilogram, PT. MIL sebesar Rp 1.170 perkilogram, PT. S3 Rp 1.170 perkilogram, dan PT. AMK sebesar Rp 1.175 perkilogram.

Namun untuk PMKS PT. SAP hanya dengan harga Rp 1.140 perkilogram, PT. KAS sebesar Rp 1.170 perkilogram. Sedangkan pembelian TBS di PMKS PT. DDP juga hanya Rp 1.170 perkilogram, PT. GSS sebesar Rp 1.230 perkilogram, dan PT BMK sebesar Rp 1.240 perkilogramnya.

“Itulah daftar harga pembelian buah sawit milik petani ditingkat pabrik yang berlaku mulai hari ini (kemarin). Namun harga itu dapat berubah sewaktu-waktu, baik naik atau turun,” ujar Kabid Perkebunan Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Erri Siagian, S.Hut.

Dengan mulai membaiknya harga jual TBS di daerah ini, pihaknya sangat berharap mendapatkan dukungan dari pemerintah. Termasuk dukungan dari tim perumus harga penetapan TBS kelapa sawit tingkat provinsi.

“Untuk harga penetapan, diharapkan dapat lebih tinggi ketimbang harga yang ada sekarang. Sehingga bisa menjadi acuan bagi seluruh pabrik yang beroperasi di Kabupaten Mukomuko,” pungkasnya.(hue)

Berita Lainnya

Bupati: MPLS Tidak Ada Perpeloncoan

MUKOMUKO –Musim Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mulai berjalan kepada siswa baru. Baik SMA, SMK, ...

error: Content is protected !!