Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Seluma / Jaringan Internet Jadi Kendala

Jaringan Internet Jadi Kendala

Yayan/RB
MONEV: Kakan Kemenag Seluma Drs. H. Herman Yatim, MM saat Monev kesiapan UNBK di MAN 1 Seluma kemarin (25/1)

SELUMA –  Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Seluma, Drs. H. Herman Yatim, MM melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke MAN 1 Seluma dan sejumlah Mandrasah Aliyah (MA) serta Madrasah Tsanwiyah (MTs), kemarin (25/1). Monev untuk mengetahui kesiapan madrasah melaksanakan Ujian Nasional Berbasih Komputer (UNBK).

“Kita pastikan semua MA dan MTs melaksanakan Unas berbasis komputer tahun ini. Hanya saja jaringan internet masih jadi kendala, ini yang kira prioritaskan bisa diatasi sebelum jadwal UNBK,’’ ujar Herman, kepada RB usai kegiatan monev kemarin (25/1).

Dijelaskan Herman, total peserta UNBK Tahun Ajaran (TA) 2018/2019 adalah 505 siswa, dengan rincian 146 siswa MA dan 359 siswa MTs.

“Kita lakukan monev untuk memastikan kesiapan madrasah ini dalam menyelengarakan UNBK, termasuk fasilitas komputer juga jaringan internet dan operatornya,’’ kata Herman.

Lanjutnya di Kabupaten Seluma ada tiga MA yakni MAN 1 Tumbuan, MA Ar Raudah Lubuk Kebur dan MA Muhamadiyah Masmambang. Sedangkan MTs ada empat yakni MTsN  1 Tumbuan, MTsN 2 Tais, MTs N 3 Talo, MTs S Masmambang, MTs Ar Raudah Lubuk Kebur dan MTs Raudatul Ulum Jenggalu serta MTs Miftahul Hidaya Masmambang.

“Untuk MTs 3 Talo, UNBK gabung dengan MTs Miftahul Hidayah Masmambang. Sedangkan MTs Raudatul Ulum, belum melakasanakan Unas karena belum ada siswa kelas IX,’’ ucap Herman.

Sebagai antisipasi macetnya jaringan internet juga padamnya aliran listrik saat pelaksanaan UNBK, dirinya akan meminta bantuan dari PLN Rayon Tais juga pihak Telkom.

‘’Kita akan kirim surat secara resmi, baik PLN maupun Telkom. Kita minta agar tidak ada pemadaman listrik selama pelaksanaan UNBK begitupun jaringan internet agar tetap stabil selama UNBK berlangsung,’’ imbuhnya.

Kepada Kepala Madrasah, Herman juga mengimbau agar selalu berkoordinasi terhadap kesiapan UNBK di madrasahnya. Jika menemukan kendala agar segera disampaikan, supaya dapat ditindaklanjuti segera.

‘’Koordinasi ini sangat penting demi kesuksesan penyelengaraan UNBK. Saya tidak mau mendengar, ada kendala yang disebabkan kurangnya kordinasi. Kepala Madrasah harus aktif memantau dan mengawasi semua tekhnis UNBK di madrasahnya,’’ demikian Herman.(aba)

Berita Lainnya

Pelayanan DPMPTSP Terancam Lumpuh

SELUMA – Kebijakan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mencoret semua anggaran yang diajukan oleh Dinas ...

error: Content is protected !!