Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Kaur / Pengawas Harus dapat Membuktikan Temuannya

Pengawas Harus dapat Membuktikan Temuannya

ALBERTUS/RB
PENGAWASAN: Komisioner Bawaslu Provinsi dan Kaur saat dialog dengan Panwascam se Kaur kemarin (25/1) sore.

KOTA BINTUHAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu dan Bawaslu Kaur kemarin sore (25/1) menggelar sosialisasi pengawasan pemilu. Kegiatan ini dihadiri dua Komisioner Bawaslu Bengkulu, Halid Saipulah dan Dodi Hermansyah. Halid mengingatkan Bawaslu Kaur dan Panwascam benar-benar melakukan pengawasan di lapangan. Baik temuan dari pengawas pemilu atau laporan dari masyarakat.

Terkait temuan dari pengawas pemilu tingkat kecamatan dan kabupaten harus dapat dibuktikan. Temuan penyelenggara pemilu harus naik dan tidak mungkin dihentikan. Karena sebelum mengatakan itu temuan, pengawas sudah memahami temuan tersebut pelanggaran pemilu atau bukan.

“Lucu kalau ada temuan dari pengawas setelah kita ekspos ternyata dihentikan karena tidak cukup bukti. Seharusnya pengawas sudah mengerti temuan, harus cukup bukti. Pengawas juga saya ingatkan jangan menghakimi orang dengan beropini, kalau belum cukup bukti kuat,” beber Halid.

Komisioner Bawaslu lain, Dodi juga mengingatkan panwascam dan Bawaslu Kaur. Dengan waktu yang tersisa untuk terus bekerja maksimal, soal ancaman dan sebagainya saat ada temuan. Harus disikapi dengan baik dan jadikanlah proses pendewasaan, makanya dalam bertugas pengawas harus memahami aturan. “Pahami aturan. Karena dalam Undang-Undang jelas tugas dan fungsi pengawas, saya harap pengawasan ditingkatkan lagi,” pinta Dodi.

Sosialisasi pengawas pemilu oleh Bawaslu Kaur dipusatkan Gedung Kuliner yang dihadiri Ketua Bawaslu Kaur Toni Kuswoyo bersama dua anggotanya. Dengan peserta anggota panwascam dan semua jajaran staf Bawaslu Kaur.(cik)

Berita Lainnya

Kursi Kosong, Dewan Mulai Pamit

KOTA BINTUHAN – Paripurna Penyampaian Rekomendasi dan Catatan-catatan Strategis DPRD Kabupaten Kaur terhadap LKPJ Bupati ...

error: Content is protected !!