Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Ribuan Hektare Kebun Kelapa Sawit, Rusak

Ribuan Hektare Kebun Kelapa Sawit, Rusak

MUKOMUKO – Sebanyak enam ribu hektare lebih lahan kelapa sawit milik para petani di Kabupaten Mukomuko, kondisi rusak dari luas sekitar 100 hektare lebih. Kondisi ini berdampak tidak menghasilkan buah yang maksimal.

Kegagalan tersebut, karena faktor menggunakan bibit yang tak berkualitas, kurangnya perawatan, serta beberapa faktor lainnya. Akibat kondisi inilah  pemilik lahan ajukan program peremajaan tanaman kelapa kepada pemerintah.

‘’Bagi tanaman sawit milik masyarakat yang tidak produktif atau rusak itu sebagiannya sudah diajukan oleh pemiliknya mendapatkan program peremajaan tanaman (replanting0,’’ kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Heri Prastyono, S.STP.

Lebih lanjut dijelaskan, ada sebagian lainnya diajukan kepada pemerintah mendapat program cetak sawah. Karena kalau tidak segera dilakukan upaya, jelas tanaman sawit yang rusak tersebut tidak bakal menghasilkan apa-apa. Jadi masyarakat yang dirugikan, karena berdampak pada perekonomian.

Sayangnya, tahun 2019 pengadaan kecambah sawit bantuan untuk masyarakat tidak ada. Menurutnya, dengan ada bantuan kecambah sawit itu, masyarakat bisa terima bibit unggul. ‘’Tapi bantuan kecambah sawit untuk masyarakat, tetap akan kita ajukan. Baik di anggaran perubahan dan anggaran provinsi dan pusat. Kami ingin semua tanaman sawit milik masyarakat berkualitas. Jadi saat panen nanti hasilnya lumayan,” tandasnya.(hue)

Berita Lainnya

Ribuan Massa Hadiri Deklarasi Anti Hoak

MUKOMUKO – KPU Mukomuko menelenggarakan konsolidasi Pemilu 2019 dan deklarasi Pemilu 2019 anti hoak, kemarin ...

error: Content is protected !!