Jumat , 26 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Tak Ada Pungutan UMK

Tak Ada Pungutan UMK

BENTENG – Dugaan permintaan sejumlah nominal uang untuk pengurusan Upah Minimum Kabupaten (UMK) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), bukan berasal dari Benteng, melainkan dari oknum pihak luar Benteng. Hal ini untuk menjawab anggapan sebelumnya yang sempat disebutkan oknum di Benteng. Dipastikan untuk pengajuan UMK tidak ada biaya sama sekali.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Benteng, Masdar Masdar Helmi, MM saat dikonfirmasi meyakinkan hal itu. “Dari Benteng tidak ada sedikitpun pungutan dengan dalih apapun,” ujarnya, kemarin (25/1).

Tugas tersebut, saat pengajuan UMK lalu menurut Helmi sudah sesuai prosedur. Pihaknya bersama dewan pengupahan dari tingkat Kabupaten Benteng sudah mengusulkan UMK Benteng ke tingkat Provinsi per 16 November lalu. Kelanjutan setelah disampaikan ke pihak Provinsi, merupakan kewenangan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi untuk pembahasannya apakah disetujui atau tidak. “Kami di Benteng tidak bisa melangkahi kewenangan yang ada,” kata Masdar.

Sekretaris SPSI Benteng, M.Gianti juga memastikan tidak ada permintaan pungutan apapun dari pihak di Benteng saat pembahasan hingga pengusulan UMK Benteng beberapa waktu lalu. “Saya sendiri yang mengawal pembahasan karena masuk dalam pengurus Dewan Pengupahan Kabupaten,” jelasnya.

Hal ini juga diakui Ketua SP3-SPSI Benteng, Haulan Iswadi. Dikatakannya, tidak ada satupun dari pihak Benteng yang meminta uang untuk pengurusan penetapan UMK beberapa waktu lalu. Bahkan sampai saat ini, UMK Benteng tidak juga ditetapkan dan hal ini bisa mengacu pada UMP.

“Kami tegaskan dan pastikan seluruh pengurus di Benteng yang membahas UMK tidak ada melakukan punguatan apapun,” demikian Haulan. (vla)

Berita Lainnya

Jalan Amblas, 2 Kecamatan Terisolir

BENTENG – Jalan menuju Merigi Kelindang dan Merigi sakti amblas akibat hujan yang mengguyur Rabu ...

error: Content is protected !!