Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Kaur / Bongkol Rafflesia Banyak Dirusak Babi

Bongkol Rafflesia Banyak Dirusak Babi

BONGKOL RAFFLESIA: Beberapa bongkol Bunga Rafflesia yang siap mekar, tumbuh di atas batu.

KOTA BINTUHAN – Buang Rafflesia Bengkuluensis yang bongkolnya banyak tumbuh di Desa Ulak Bandung, Kecamatan Muara Sahung beberapa hari kedepan akan mekar serentak. Setidaknya ada 3 – 5 bongkol siap mekar. Sayang bongkol-bongkol yang siap mekar banyak dirusak babi hutan.

Mungkin babi mengira bongkol-bongkol tersebut adalah buah dan makanan yang sedang marak di Muara Sahung. Akibatnya tidak sedikit bongkol Bunga Rafflesia yang diseruduk babi hingga terlepas dari akarnya. Pantauan RB, ada tiga bongkol seperti bola kaki yang siap mekar putus dari akarnya kemarin (27/1).

“Mungkin babi mengira itu makanan yang dapat dimakan dan banyak yang sudah dirusak. Karenanya kita pagari sekitar lokasi. Namun tetap babi bisa masuk dan menyeruduk bongkol siap mekar,” terang Plt Kades Ulak Bandung, Zulaini, S.Sos kemarin.

Zulaini mengaku masih banyak bongkol yang mulai tumbuh di kawasan sekitar Bunga Rafflesia yang sudah mekar sempurna kemarin. Menurutnya, ada tiga sampai lima bongkol besar yang diperkirakan akan mekar dalam waktu beberapa hari ke depan.

Lokasi tempat mekarnya bunga langka tersebut sudah tiga tahun ini dipelihara dan dijaga warga sekitar. Hampir setiap tahun ada saja bunga yang mekar sempurna. Lokasinya di tepi anak sungai dan batu-batuan besar membuat pengunjung yang datang pun ingin bermain air. Apalagi lokasinya tidak jauh dari pemukiman warga setempat.

“Jaraknya dari desa hanya 15 menit jalan kaki dan setiap hari ada anak-anak pencinta Bunga Rafflesia di Muara Sahung selalu mengawasi tempat tersebut. Beberapa turis juga sudah tiga kali datang ke lokasi mekarnya Bunga Rafflesia di Ulak Bandung ini,” pungkas Zulaini.(cik)

Berita Lainnya

Polres Bentuk Tim Operasi Tangkap Tangan Money Politik

KOTA BINTUHAN – Polres Kaur akan membentuk tim operasi tangkap tangan money politik pada Pilkada ...

error: Content is protected !!