Rabu , 26 Juni 2019
Home / Daerah / Curup Pos / DD untuk Pengembangan Potensi Wisata

DD untuk Pengembangan Potensi Wisata

CURUP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) berharap pemerintah desa yang wilayahnya memiliki potensi wisata bisa turut serta melakukan penggalian potensi dan pengembangannya. Salah satunya dengan penggunaan Dana Desa (DD) yang didapat dari pemerintah pusat. Baik itu pembangunan sarana dan prasarana baru serta fasilitas pendukungan maupun mengembangkan potensi yang sudah ada saat ini.

Dijelaskan Sekda RL R.A. Denni, SH, MM beberapa waktu lalu, penggunaan DD untuk wisata ini, tetap harus dikoordinasikan dengan Pemkab RL melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang membidangi. Agar tidak terjadi tumpang tindih pembangunan di wilayah desa mereka.

‘’Jadi meskipun boleh menggunakan DD untuk pengembangan potensi wisata di wilayah desa masing-masing, namun tetap harus dikoordinasikan dan disingkronkan dulu dengan OPD teknis yang membidangi. Agar tidak sampai terjadi tumpang tindih anggaran dan pembangunannya,’’ terang Denni.

Ditambahkan Denni, peran serta pemerintah desa dan masyarakat setempat wilayah potensi wisata, juga diharapkan dalam bentuk peranan menjaga dan melestarikan yang sudah ada saat ini. Seperti sarana dan prasarana, maupun lokasi yang sudah lama menjadi objek wisata, harus dijaga bersama dan dilestarikan.

‘’Kalaupun sudah ada sapras yang dibangun pemerintah sebelumnya, artinya tinggal dijaga dan dikembangkan oleh pemerintah desa. Dengan mengutamakan peran serta masyarakat setempat. Agar pembangunan potensi wisata bisa ikut mensejahterahkan masyarakat yang ada di lingkungan desa tersebut. Wisatanya maju, masyarakat ikut menikmati kesejahteraan dan peningkatan ekonomi,’’ demikian Denni.(dtk)

 

Berita Lainnya

Pemasangan Stiker Keluarga Miskin Bertahap

CURUP – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong (RL), menerapkan secara bertahap pemasangan stiker keluarga ...

error: Content is protected !!