Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Desa Dirancang Buat Pakta Integritas

Desa Dirancang Buat Pakta Integritas

ARGA MAKMUR – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun ini membuat pakta integritas terkait kinerja OPD masing-masing. Mereka diminta untuk taat melaksanakan seluruh program yang dianggarkan dalam APBD sehingga mencapai target pembangunan yang sudah dilaksanakan.

Hal ini juga dirancang harus dilakukan oleh pemerintah desa. Sehingga program yang masuk dalam APBDes benar-benar bisa dilaksanakan setiap tahunnya. Sehingga tidak menjadi beban pembangunan tahun berikutnya, apalagi yang terkait pembanguann fisik.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bengkulu Utara, Ir. Budi Sampurno menerangkan, meski tidak secara tertulis namun seluruh desa sudah ditekankan untuk perbaikan pola pelaksanaan program. Mulai dari awal APBDes, pengajuan pencairan dan pelaksanaan program.

“Hal ini agar memang semua program terlaksana tepat waktu hingga akhir tahun anggaran,” katanya, kemarin (27/1).

Ia juga sudah mengingatkan semua desa untuk memasukkan anggaran atau program pembangunan fisik di awal tahun. Hal ini menghindari musim hujan di akhir tahun yang bisa menghambat program fisik dan menjadi penyebab tidak terlaksananya program.

“Sehingga di akhir tahun hanya program pemberdayaan yang tidak terpengaruh dengan cuaca. Karena serapan Dana Desa (DD) memang juga menjadi sorotan terutama dari Kementerian Desa PDTT,” jelas Budi.

Sekadar mengetahui, tahun ini 215 desa di BU mendapatkan kucuran dana Rp 240 miliar lebih. Saat ini desa-desa mulai disibukkan dengan pengajuan APBDes dan menunggu DD yang bersumber dari APBN masuk ke kas daerah untuk pengajuan pencairan. (qia)

Berita Lainnya

Pedagang Mulai Ditertibkan

ARGA MAKMUR – Dinas Perdagangan Bengkulu Utara bekerjasama dengan Satpol PP mulai melakukan penertiban pedagang ...

error: Content is protected !!