Minggu , 18 Agustus 2019
Home / Metropolis / Draf Perubahan Perda RTRW di Meja Gubernur

Draf Perubahan Perda RTRW di Meja Gubernur

PERKANTORAN: Dalam Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bengkulu, wilayah kawasan Bentiring menjadi pusat perkantoran Pemerintah Kota (Pemkot).

BENGKULU – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu sudah mengusulkan perubahan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bengkulu yang saat ini sudah ditangan Gubernur Bengkulu untuk diverifikasi lebih lanjut. Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Penelitian, Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bengkulu, Drs. Riduan, MSi.

“Usulan draft perubahan perda RTRW sudah kita sampaikan ke Gubernur. Nanti setelah turun baru kita lakukan pembahasan lagi bersama DPRD,” ujar Riduan.

Menurut Riduan, perubahan Perda RTRW itu juga mengingat kondisi wilayah Kota Bengkulu yang terus berkembang saat ini. Kemudian Perda RTRW juga harus disinkron dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). “Untuk merevisi perda itu syaratnya juga harus berlaku lima tahun. Dan perda RTRW kita itu sudah berjalan lima tahun saat ini. Makanya hal ini juga menjadi perhatian kita untuk melakukan revisi perda tersebut,” tambahnya.

Sambung Riduan, proses pembahasan Perda RTRW tersebut juga memakan waktu yang cukup panjang. Sebab wilayah tata ruang harus disesuaikan atau disinkronkan dengan kawasan perbatasan daerah lain agar tidak ada pelanggaran atau hal-hal yang menghambat pembangunan. Namun pihaknya menargetkan pembahasan revisi Perda tersebut sudah tuntas tahun ini.

“Selain itu semua rencana pembangunan harus sesuai dengan konsep-konsep tata ruang dan wilayah yang ada,” tuturnya. Seperti diketahui pembagian wilayah perkantoran dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 14/2012 tentang Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Kota Bengkulu tahun 2012-2023 diwilayah Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu.

Dalam Pasal 59 Perda 14/2012 menyebutkan kawasan dari sudut kepentingan ekonomi terdiri dari kawasan Pasar Minggu di Kecamatan Ratu Samban dan Kecamatan Teluk Segara. Kawasan perkantoran di Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu dan kawasan Pulau Baai Kecamatan Kampung Melayu.  (new)

Berita Lainnya

Kenang Perjuangan Fatmawati, Gubernur Rohidin Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Lokasi Cagar Budaya

BENGKULU-Kemeriahan  HUT RI Ke-47 tahun 2019 di Provinsi Bengkulu, semakin khidmat dengan dilaksanakannya pengibaran Sang ...

error: Content is protected !!