Minggu , 18 Agustus 2019
Home / Metropolis / Keluhkan Sepinya Wisatawan

Keluhkan Sepinya Wisatawan

SEPI: Penunggang delman yang biasa beroperasi di kawasan wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu sedang menunggu calon penumpang.

BENGKULU – Jumlah pengunjung Pantai Panjang tak lagi ramai seperti biasaya, walaupun di hari libur. Hal ini dirasakan oleh para penunggang delman yang biasa menyewakan jasa untuk mengangkut penumpang yang ingin berkeliling menikmati suasana Pantai Panjang.

Salah seorang penunggang Delman, Zaidin (60) kepada RB kemarin menceritakan, sejak ada kejadian tsunami yang melanda Lampung beberapa waktu lalu cukup berdampak pada tingkat pengunjung yang datang ke Pantai Panjang. Jika ramai, ia bisa mendapatkan Rp 300 ribu per hari. Sekarang paling hanya bisa mendapat Rp 100 ribu saja.

“Sepi benar, sejak ada kejadian tsunami itu. Sepi sekali,” ujarnya. Zaidin menambahkan untuk sekali mengangkut penumpang per orangnya Rp 10 ribu dan itu sudah bebas berkeliling untuk menikmati panorama alam Pantai Panjang. Jika mereka berkelompok, biasanya mereka juga berikan penawaran tidak membayar per orang. “Kadang kalau ada 4 orang, kita berikan Rp 30 ribu saja, lihat situasi dulu,” ungkap Zaidin.

Di kawasan Pantai Panjang sendiri, lanjut Zaidin jumlah delman yang beroperasi saat ini berjumlah sekitar 25 unit lagi. Yang mengeluhkan sepinya penumpang tak hanya Zaidin, melainkan para penunggang delman lainnya juga. “Mudah-mudahan dengan adanya program dari pemerintah nanti bisa meningkatkan jumlah wisatawan, kami sangat senang dan siap mendukungnya,” sampai Zaidin yang sudah menunggang delman sejak tahun 1980 ini.

Senada juga diutarakan rekan seprofesinya, Edi (50) warga Penurunan, bahwa memang kondisi sepinya penumpang ini sudah sejak beberapa minggu lalu. “Walaupun libur Sabtu dan Minggu ini, tak seramai seperti dulu. Apalagi kalau tidak hari libur,” sampai Edi. (zie)

Berita Lainnya

Kirab Bendera Ramaikan HUT RI

BENGKULU – Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia (RI) di Provinsi Bengkulu berlangsung meriah. Diawali dengan ...

error: Content is protected !!