Sabtu , 23 Februari 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Lahan Persawahan Terus Berkurang

Lahan Persawahan Terus Berkurang

KEPAHIANG – Luas lahan persawahan di Kabupaten Kepahiang, terus berkurang. Dimana tahun 2017 lalu luas lahan sawah di Bumei Sehasen mencapai 5.287 hektare, namun dipenghujung 2018 tersisa 4.418 hektare saja, artinya ada pengurangan hingga 869 hektare.

Kondisi ini cukup memiriskan mengingat salah satu pendapatan masyarakat Kabupaten Kepahiang adalah mengandalkan hasil pertanian. Diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan SPKP bahwa pengurangan ini disebabkan banyak faktor. Adapun faktor yang kerap menjadi penyebab berkurangnya lahan persawahan adalah maraknya pembangunan pemukiman masyarakat.

“Salah satu faktor yang menjadi penyebab banyaknya pengurangan lahan persawahan adalah pembangunan pemukiman masyarakat. Apalagi kalau pembangunan itu merupakan pembangunan perumahan, tentunya lahan yang digunakan pun lebih banyak lagi,” jelas Hernawan.

Diketahui adanya pengurangan lahan persawahan ini, setelah sebelum Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang mengikuti Rapat Pembahasan Data Luas Baku Lahan Sawah di Provinsi Bengkulu yang digelar di Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Bengkulu beberapa waktu lalu.

Luas persawahan tersebut sesuai dengan ketetapan ATR/BPN 2018 Nomor 3999/Kep-23.3/X/2018 dengan SP Badan Pusat Statistik (BPS) 2016. Kendati demikian diakui Hernawan bahwa pengurangan luas lahan sawah tersebut bukan hanya terjadi di Kabupaten Kepahiang semata, melainkan hampir di semua wilayah di Provinsi Bengkulu.

“Dari 10 kabupaten/kota, seluruhnya ada pengurangan lahan sawah. Hal ini disebabkan faktor yang sama, dan beberapa faktor lainnya. Jadi pengurangan ini bukan hanya terjadi di Kepahiang saja,” demikian Hernawan. (sly)

Berita Lainnya

Polisi Bersihkan Sampah dan Selokan

KEPAHIANG – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Polres Kepahiang melakukan kegiatan bersih-bersih di sepanjang ...