Minggu , 21 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Maret, Target DD Cair

Maret, Target DD Cair

MUKOMUKO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko targetkan pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama bakal cari bulan Maret. Pasalnya, hingga kemarin, (28/1) dari 148 desa, belum satupun yang siap dokumen pendukung pengajuan pencairan.

“Kuncinya kalau ingin cepat cair, seluruh desa sudah mempersiapkan semua persyaratannya. Tetapi perkiraan saya, sekitar bulan Maret dana itu baru

cair,” kata Kepala DPMD Mukomuko, Gianto, SH, M.Si.

Sebanyak 148 desa hingga kini masih godok Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) menjadi APBDes 2019. Karena salah satu dasar pencairan DD, yakni APBDes sebagai acuan pemanfaatan anggaran untuk pembanggunan.

“Baru ada beberapa desa yang selesai pembuatan RAPBDes 2019. Tetapi belum jadi APBDes, karena harus dievaluasi lagi oleh kecamatan dan DPMD sebelum disahkan menjadi APBDes,” terang Gianto.

Lebih lanjut dijelaskan jika semua sudah lengkap, usulan tersebut segera disahkan. Lalu APBDes akan dimasukkan ke dalam sistem aplikasi sebagai laporan kepada pemerintah pusat untuk usulan pencairan DD tersebut.

Dalam pembuatan RAPBDes Pemerintah Desa (Pemdes) mendapatkan pendampingan tim dari Pemkab Mukomuko. Baik itu melibatkan DPMD maupun pihak kecamatan di masing-masing wilayah. “Ada pendampingan dari pemerintah, dan termasuk dari petugas pendamping desa. Gunanya pendampingan ini, ketika penyusunan RAPBDes tidak salah dan menyalahi aturan,” demikian Gianto.(hue)

Berita Lainnya

Daftar Sekarang, Berangkat Haji 14 Tahun Lagi

MUKOMUKO – Daftar tunggu keberangkatan calon jamaah haji (CJH) Mukomuko, kini sudah mencapai 2.605 orang. ...

error: Content is protected !!