Sabtu , 23 Februari 2019
Home / Metropolis / Sepekan Lagi Diklat Jurnalistik RB Digelar

Sepekan Lagi Diklat Jurnalistik RB Digelar

BENGKULU – Pendidikan dan latihan (Diklat) Jurnalistik angkatan Ke-IX gelaran Yayasan Pendidikan Rakyat Bengkulu (YPRB) akan dimulai pada Rabu (6/2) mendatang. Hingga kemarin sudah ada 15 calon peserta yang telah mendaftarkan diri. Diklat ini rencananya akan digelar hingga 16 Februari.

Ketua Panitia Diklat Jurnalistrik Angkatan IX YPRB, Fazlur Rahman, S.Hum mengajak bagi yang ingin ikut serta agar segera mendaftarkan diri. “Peserta boleh dari umum, dari instansi pemerintah maupun swasta dengan biaya pendaftaran Rp 1 juta per peserta untuk utusan dari instansi pemerintah,” jelasnya. Sedangkan untuk  peserta dari umum  atau mahasiswa biayanya hanya Rp 500 ribu per orang.

Pada Diklat kali ini kata Fazlur, narasumbernya merupakan orang yang sudah berpengalaman belasan tahun di dunia jurnalistik, dan sudah mengantongi sertifikat UKW dari Dewan Pers. Dalam Diklat ini nanti, peserta akan diberikan ilmu mengenai cara mendapat, mengolah dan menerbitkan berita, baik itu di media cetak, televisi maupun di online.

“Jadi, ini tentu memiliki dampak positif bagi ASN di pemerintahan khususnya di bagian Humas atau di Diskominfo bila mengikuti Diklat ini. Dimana nantinya, salah satu tugas Humas di pemerintahan adalah mempublikasikan setiap kegiatan positif dari pemerintahan agar diketahui oleh masyarakat luas. Nah bagaimana cara mengemasnya kegiatan itu agar bis menjadi sebuah informasi yang bagus, di Diklat inilah nantinya akan didapatkan,” terangnya.

Diklat akan berlangsung selama 10 hari. Yakni dimulai Rabu (6/2) hingga Sabtu (9/2) Diklat berupa teori dan berlanjut dengan praktik pada Senin (11/2) hingga Sabtu (16/2). Selama mengikuti materi teori, peserta akan mendapatkan alat tulis, bahan-bahan materi serta makanan ringan, serta makan siang serta sertifikat Diklat. “Peserta belajar di ruang yang nyaman dan dilengkapi pendingin udara,” tambahnya.

Sementara pada materi praktik, peserta akan diajak para jurnalis yang sudah berpengalaman dalam meliput di lapangan berbagai jenis berita, baik ekonomi, politik, hukum kriminal dan sosial. (iks)

 

Berita Lainnya

Minim Tempat Penampungan Sampah

BENGKULU – Penumpukan sampah liar di Kota Bengkulu sangat sulit diatasi. Beberapa median jalan, terlihat ...