Kamis , 17 Oktober 2019
Home / Metropolis / Tiket Mahal Gubernur Surati Kemenhub

Tiket Mahal Gubernur Surati Kemenhub

BENGKULU – Mahalnya harga tiket maskapai penerbangan akhir-akhir ini membuat risau sektor perhotelan dan pariwisata di Bengkulu. Sebab tingkat kunjungan ke Bengkulu akan turun drastis. Kepala Biro Perekonomian Pemda Provinsi Bengkulu, Ansori Tawakal mengatakan, harga tiket ini merupakan kebijakan nasional, dalam hal ini merupakan kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Secara real saat ini harga tiket mengalami kenaikan. Gubernur  sudah menyurati Kemenhub untuk bisa menurunkan harga tiket. Sebab  harga tiket pesawat yang tinggi itu menyebabkan inflasi. “Ya sudah dikirimkan surat, meminta supaya harga tiket diturunkan,” kata Ansori Tawakal.

Dia mengatakan, dengan tingginya harga tiket akhir-akhir ini berdampak sekali pada penerbangan. Ada beberapa maskapai penerbangan yang akhirnya mengurangi penerbangan mereka. Pengurangan ini menyesuaikan dengan jumlah tiket yang terjual. Sebab jika tetap dengan jumlah terbang biasa akan berdampak pada operasional penerbangan mereka sendiri.

“Mereka melihat dari suplai permintaan penumpang di awal tahun ini. Penumpang sedikit akhirnya mengurangi jumlah penerbangan. Penerbangan berkurang akan berdampak pada biaya operasional mereka,” katanya.

Dia mengatakan mahalnya harga tiket ini berdmpak pada sektor perhotelan dan pariwisata. Sebab sektor ini sangat bergantung dengan jumlah kunjungan. Selain itu juga dengan tingginya harga tiket akan membuat warga  kesulitan mendapatkan akses transportasi udara. Hanya konsumen tertentu saja yang bisa membeli tiket. Seperti kelompok warga yang berpendapatan tinggi dan kalangan pemerintahan.

“Yang masyarakat mau berhemat tidak bisa membeli. Ini akan membebani dan juga berdampak pada implasi,” katanya.

Dia mengatakan mahalnya harga tiket pesawat ini berdampak pada seluruh daerah. “Kita berharap pemerintah bisa mengkaji ulang kenaikan  harga tiket ini,” katanya. Sampai sekarang mereka tidak tahu apa penyebab kenaikan harga tiket tersebut. “Yang tahu analisa kenaikan tiket pesawat itu dan faktor-fakor penyebabnya itu adalah maskapai sendiri,” katanya.

Sementara itu salah satu maskapai Penerbangan Lion Air melalui Coorporate Communication  Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan kalau harga tiket saat ini tidak melebihi tarif batas atas. “Untuk tarif batas atas itu ada di dalam Permenhub. Saat ini tidak melewati itu,” tutupnya.(del)

Berita Lainnya

Pelapis Tebing Perumahan Rawan

BENGKULU – Rombongan Komisi II DPRD Kota Bengkulu menggelar inspeksi mendadak (sidak) terkait adanya laporan ...

error: Content is protected !!