Sabtu , 23 Februari 2019
Home / Pemilu / Bertambah 72 Pemilih

Bertambah 72 Pemilih

BENGKULU – Hasil evaluasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu per 20 Januari, pemilih di Kota Bengkulu dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) terjadi penambahan. Ada tambahan 38 orang masuk DPK, dan 34 orang lagi masuk DPTb. Jumlah pemilih ini diperkirakan akan terus mengalami perubahan.

Komisioner KPU Kota Bengkulu Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Romi Sugara, S. Sos mengatakan jumlah pemilih masuk DPK sebelumnya ada 33 orang, lalu bertambah menjadi 71 orang. Tersebar di Kecamatan Muara Bangkahulu ada 1 pemilih, Ratu Agung 10 pemilih, Selebar 42 pemilih, Singaran Pati 10 pemilih, dan Teluk Segara 8 pemilih.

“DPK ini bisa diperuntukkan bagi warga kota yang belum masuk DPT. Tetapi harus dibuktikan dengan memiliki e-KTP atau surat keterangan (suket) dari Dinas Dukcapil,” kata Romi.

Lanjutnya, penambahan juga terjadi pada DPTb, yaitu dari data terakhir per Desember lalu ada 458 pemilih menjadi 492 orang. Terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 442 orang, dan pemilih perempuan 50 orang per Januari 2019. DPTb diperuntukkan bagi yang terdaftar di DPT tapi pindah tempat tinggal, dengan ketentuan sesuai PKPU Nomor 37 Tahun 2018, bisa masuk DPTb meliputi sedang menjalankan tugas pada pemungutan suara, pelajar/mahasiswa sedang tugas belajar, pasien rumah sakit menjalani rawat inap termasuk keluarga, pasien menjalani rawat inap di panti sosial, rumah sakit jiwa dan rehab narkoba, warga binaan di lapas dan rutan, warga pindah domisili, tertimpa bencana, bekerja di luar domisili.

“Diimbau bagi warga kota yang belum masuk DPT bisa mengurus DPK bisa melalui PPS/PPK, dan yang mau pindah memilih agar mengurus formulir A5,” jelas Romi.

Romi menambahkan pemutakhiran dan evaluasi terhadap DPK dan DPTb ini dilakukan setiap bulan ke depannya. Tujuannya agar jangan sampai masyarakat Kota Bengkulu tidak bisa menggunakan hak pilihnya karena alasan tidak masuk DPT maupuk DPTb dan DPK. Penyusunan DPK masih akan berlangsung hingga 10 April, dan DPTb diagendakan hingga 10-12 Maret untuk penetapan tingkat KPU Kota Bengkulu.(key)

Berita Lainnya

Kampanye di Media Massa Mulai 24 Maret

BENGKULU – Kampanye peserta Pemilu 2019 di media massa baik cetak maupun elektronik akan dimulai ...