Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Diawali Kepulan Asap, Dua Ruko Terbakar

Diawali Kepulan Asap, Dua Ruko Terbakar

PEMADAMAN: Petugas Damkar, TNI dan Polri bersam masyarakat berjibaku melakukan pemadaman bencana kebakaran di Jalan M. Hasan samping Pasar Bang Mego kemarin pagi.

CURUP – Kawasan warga di Jalan M. Hasan samping lokasi Pasar Bang Mego Curup, pagi kemarin mendadak heboh. Pasalnya sekitar pukul 08.30 WIB kemarin (28/1) Toko AKD yang menjual peralatan plastik dan terpal milik Deki (38) warga Pasar Atas dan Toko Manisan Rahmat milik Rahmat (50) warga Tebing Benteng Kecamatan Kepala Siring mengeluarkan kepulan asap dari lantas atas.

Kejadian tersebut pertama kali diketahui pemilik toko AKD, Deki yang sebelum membuka toko, sedang sarapan dan minum kopi di Pasar Bang Mego sekitar pukul 08.30 WIB. Dirinya yang sedang bersantai di warung kopi tiba-tiba melihat kepulan asap dari atas atap seng tokonya dan toko rahmat yang bersebelahan. Spontan Deki langsung berteriak menuju tokonya dan meminta bantuan warga untuk melakukan pemadaman.

Diduga api menjalar dengan cepat, lantaran kedua unit toko tersebut memang berisikan barang-barang yang mudah terbakar. Selang beberapa menit, empat unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Damkar Kabupaten RL sampai dan melakukan upaya pemadaman. Petugas Damkar yang langsung dikomandoi Kadis Damkar RL H. Sumardi bahu membahu bersama anggota TNI dan Polri serta, masyarakat dan keluarga pemilik toko berupaya melakukan pemadaman.

Pemilik toko sembari berupaya memadamkan, juga berjuang mengevakuasi barang milik toko yang masih bisa diselamatkan. Termasuk juga pemilik dua toko lainnya yang bersebelahan ikut mengevakuasi barang-barang mereka, lantaran melihat api yang mulai menjalar ke atap toko mainan Jihan milik Rahim (48) dan Gudang Toko Semarang milik Heri Susanto (31).

Api baru bisa dipadamkan, sekitar satu jam atau pukul 09.30 WIB dengan dibantua 4 unit mobil PBK milik Dinas Damkar RL. Selain itu, di lokasi juga terlihat Wakil Bupati RL H. Iqbal Bastari,S.Pd, MM turun langsung ikut memantau kejadian kebakaran tersebut. Termasuk beberapa perwira Polres RL dan Kodim 0409/RL ikut turun membantu proses pemadaman api. Ditaksir kerugian akibat kebakaran tersebut hingga mencapai diatas Rp 150 juta.

Kapolres RL AKBP Jeki Rahmat Mustika, S.IK melalui Kapolsek Curup Iptu Untoro, SH yang juga turun ke lokasi kejadianya mengungkapkan, dugaan awal api diduga berasal dari arus listrik yang ada di bagian tas kedua toko (Toko AKD dan Toko Rahmat, red). Namun untuk kepastiannya masih dalam proses penyidikan.

‘’Untuk korban jiwa, nihil karena memang toko tidak dijadikan untuk tempat tinggal pemiliknya. Namun untuk kerugian, diperkirakan lebih dari seratus limapuluh juta. Toko yang terbakar habis dua unit, yaitu Toko AKD dan Toko Rahmat. Untuk toko Jihan dan Gudang Toko Semarang hanya mengalami beberapa kerusakan dibagian atap serta dinding karena proses evakuasi serta sambaran api dari dua toko yang terbakar,’’ ungkap Untoro.(dtk)

Berita Lainnya

Alih Profesi, Bandar Ganja Dibekuk di Bengkulu

CURUP – Satuan Reserse Narkoba Polres Rejang Lebong (RL) kembali berhasil mengungkap kepemilikan narkoba jenis ...