Minggu , 26 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Kades MA Tunggu Putusan Pengadilan

Kades MA Tunggu Putusan Pengadilan

BENTENG – Status Kades Karang Tinggi, MA yang non aktif lantaran tersandung kasus dugaan merugikan keuangan negara Rp 138 juta menunggu putusan pengadilan. Uang tersebut berasal dari Dana Desa tahun 2016. Dia sudah diserahkan dari Polres BU ke Kejari Argamakmur beberapa waktu lalu.

Bahkan dia kini sedang menjalani sidang di pengadilan Argamakmur dan kemungkinan vonisnya tidak akan lama lagi. Selain Ma, juga ada mantan Kades Gajah Mati berinisial Ro dan Mantan Kades Paku Haji berinisial Sa. Mereka berdua juga menjalani sidang di Pengadilan Argamakmur, sama seperti Ma. Tuduhannya juga sama, diduga merugikan keuangan negara, untuk Sa sekitar Rp 300 juta dan Ro sekitar 285 juta.

Kabag Pemerintahan Setdakab Benteng, Drs. Jaka Santoso mengatakan putusan pengadilan akan menjadi dasar mereka membuat keputusan lebih lanjut. Sementara ini jabatan Kades Karang Tinggi dipercayakan pada Sekdesnya Toni Haryanto sebagai Pjs. Pergantian menunggu kepastian hukum MA, apakah akan di-PAW atau tidak.

Jika melihat masa tugas masih menyiskaan dua tahun lagi, bisa PAW sesuai aturan, yakni musyawarah desa. Sementara Sa dan Ro tidak lagi menjabat sebagai kades. “Kalau sisa jabatan di bawah satu tahun, tidak akan bisa lagi PAW,” demikian Jaka.(**)

Berita Lainnya

Raih WDP, 91 Pejabat Dirotasi

BENTENG – Sebanyak 91 pejabat di lingkungan Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng), terdiri dari 7 pejabat ...

error: Content is protected !!