Selasa , 25 Juni 2019
Home / Metropolis / Komitmen Turunkan Ongkos Haji

Komitmen Turunkan Ongkos Haji

BENGKULU – Ongkos naik haji atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) turun tahun 2019. Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI, Ir. H. M. Romahurmuziy, MT, saat berkunjung ke Bengkulu kemarin (28/1) dalam kegiatan sapa penyuluh. Kurs Dolar Amerika (USD) terjadi penurunan. Tinggal lagi nanti, melihat kurs USD terhadap Rupiah saat penetapan BPIH nanti.

Dikatakan, ini merupakan komitmen pemerintah untuk menurunkan BPIH dan meningkatkan pelayanan ibadah haji. “Bila melihat kurs USD ongkos naik haji tahun 2019 ini turun. Ini merupakan komitmen dari pemerintah,” terangnya.

BPIH Indonesia merupakan terendah dari negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Sehingga perjalanan ibadah haji ini bisa terjangkau bagi warga yang sudah berniat dan mampu melaksanakannya. “Komitmen presiden, BPIH tahun ini turun,” katanya.

Saat ini, waiting list haji di Provinsi Bengkulu cukup panjang. Bahkan mendaftar saat ini baru bisa berangkat di tahun 2025 nanti. Menyikapi hal ini, Romahurmuziy mengatakan, masalah kuota memang harus tunduk dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Karena pemerintah Arab Saudi meletakkan kuota itu 1/1.000 penduduk muslim di sebuah negara.

Jadi seperti di Indonesia, per tahunnya mendapatkan kuota sebanyak 221 ribu. Kemudian dibagi ke seluruh provinsi. Kuota seluruh provinsi juga sudah mentok, sehingga dengan tingginya antusias warga untuk naik haji, membuat waiting list di seluruh wilayah menjadi tinggi.

“Kita hanya bisa menyampaikan ke Pemerintah Arab Saudi supaya bisa memperluas mathaf untuk melakukan tawaf dan di Mina supaya bisa menampung jumlah jamaah haji lebih banyak dari seluruh penjuru dunia,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar MS, M.Pd mengatakan, kuota haji Provinsi Bengkulu 1.641 orang per tahunnya. Dibagi ke 10 kabupaten kota se-Provinsi Bengkulu. Untuk meningkatkan pelayanan pada jamaah mereka mengusulkan pembangunan asrama haji baru dengan gedung 4 lantai. Di sana nantinya akan sangat representatif terhadap para jamaah haji. “Kita akan meningkatkan pelayanan mulai dari praktik haji, kemudian pelayanan di asrama dan lainnya,” tutupnya. (del)

Berita Lainnya

Dewan Minta Data Pasti Jumlah ASN

BENGKULU – Jelang pembahasan rancangan APBD Perubahan 2019, DPRD Kota Bengkulu mulai mempertanyakan jumlah real ...

error: Content is protected !!