Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Metropolis / Kota Bengkulu Kekurangan 258 Guru SD

Kota Bengkulu Kekurangan 258 Guru SD

BENGKULU – Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota, bahwa tahun ini bakal ada 100 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun, terbanyak untuk guru tingkat SD dan SMP se-Kota Bengkulu. Sehingga ini akan berdampak terhadap krisis guru, terutama di daerah wilayah terpencil. Bahkan dari data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bengkulu mencatat dari total 81 sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) negeri, jumlah keseluruhan kekurangan guru PNS ada sebanyak 258 orang.

Di antara SD yang kekurangan guru terbanyak ada 15 sekolah yang menyebar di tiap kecamatan. Seperti SDN 3 Kota kekurangan 6 guru PNS, SDN 6 kekurangan 7 guru PNS, SDN 16 kekurangan 6 guru PNS, SDN 24  kekurangan 9 guru PNS, SDN 53 kekurangan 6 guru PNS. Lalu, SDN 62 kekurangan 7 guru PNS, SDN 75 kekurangan 8 guru PNS dan terbanyak ada di SDN 77 kekurangan 14 guru PNS (lihat grafis).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bengkulu, Firman Jonaidi, S.Pd membenarkan, saat ini Kota Bengkulu sedang kekurangan guru alias krisis guru. Bahkan kekurangan guru itupun hampir merata di tiap SD. “Kekurangan guru ini dikarenakan setiap tahunnya banyak guru yang pensiun. Sementara kita sudah lama tidak ada perekrutan CPNS. Makanya hampir merata di tiap sekolah itu kekurangan guru PNS,” katanya, kemarin (28/1).

Ditambahkan Jon–sapaan akrabnya–, dengan kekurangan guru tersebut pihaknya berharap ada perekrutan CPNS. Namun untuk sementara ini pihaknya masih terus mendata terkait pemerataan guru di tiap sekolah yang mengalami kekurangan. “Untuk antisipasi awalnya kita bisa lakukan pemerataan guru dulu. Namun kita berharap secepatnya ada perekrutan CPNS untuk tenaga guru. Mengingat saat ini hampir merata sejumlah sekolah membutuhkan tenaga guru PNS,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota, Rena Anggraini, SP meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) segera melakukan pemerataan guru di seluruh sekolah se-Kota Bengkulu.  “Kota pastinya akan terus mengalami krisis tenaga guru di sejumlah sekolah. Sebab tahun lalu saja guru juga banyak pensiun, sementara pelaksanaan CPNS pun batal dilaksanakan. Maka dari itu Pemkot harus mengambil langkah cepat dalam mengatasi krisis guru ini. Salah satunya dengan melakukan pemerataan guru di setiap sekolah,” terang Rena.

Menurut Rena, pemerataan guru penting dilakukan lantaran adanya laporan sekolah di kawasan pelosok kota yang masih kekurangan guru. Oleh sebab itu Dinas Pendidikan sebaiknya mengkaji berapa banyak total sekolah yang masih kekurangan tenaga guru itu. “Apalagi masih ada terdapat dalam sekolah itu lebih banyak guru non PNS dibanding guru yang PNS. Maka dari itu harus dilakukan pemerataan terkait dengan sekolah yang ada menumpuk guru yang PNS itu,” ujar politisi PKS ini.

Selain itu, lanjut Rena, secepatnya Dinas Pendidikan Kota untuk segera mengevaluasi tenaga pendidik, dan melakukan pemerataan terhadap tenaga pengajar dengan mengedepankan sikap yang manusiawi. “Sebab jangan sampai di dalam satu sekolah itu hanya ada satu guru yang berstatus PNS seperti yang ada sekarang ini terjadi. PNS yang akan ditempatkan nanti harus siap dimanapun, karena PNS merupakan abdi negara,” ungkapnya.

Senada disampaikan Anggota Komisi III DPRD Kota, Suimi Fales. Ia mengungkapkan, terkait krisis guru tersebut pemerintah harus mencari jalan keluar yang terbaik. Selain dalam melaksanakan penerimaan CPNS, pemerataan guru juga dirasakan sangat penting. Namun terkait pemerataan guru itu, pemerintah harus memberikan kenyamanan terhadap para guru yang bersedia ditempatkan di daerah terpencil.

“Jika guru yang bersedia ditempatkan di daerah terpencil harus mendapatkan perlakukan khusus oleh pemerintah. Termasuk juga soal kenyamanan juga bisa diberikan dalam bentuk pembangunan atau perbaikan sarana dan prasarana transportasi para guru tersebut nantinya,” papar Suimi. (new)

Jumlah Kekurangan Guru SD se-Kota: 258 Guru PNS

– Kekurangan Guru Terbanyak:

Nama Sekolah                         Jumlah Kekurangan

-SD Negeri 3 Kota                  6 Guru PNS

-SD Negeri 6 Kota                  7 Guru PNS

-SD Negeri 16 Kota                6 Guru PNS

-SD Negeri 24 Kota                9 Guru PNS

-SD Negeri 53 Kota                6 Guru PNS

-SD Negeri 62 Kota                7 Guru PNS

-SD Negeri 75 Kota                8 Guru PNS

-SD Negeri 77 Kota                14 Guru PNS

-SD Negeri 78 Kota                9 Guru PNS

-SD Negeri 83 Kota                7 Guru PNS

-SD Negeri 88 Kota                9 Guru PNS

SD Negeri 89 Kota                 7 Guru PNS

-SD Negeri 104 Kota              6 Guru PNS

-SD Negeri 105 Kota              6 Guru PNS

-SD Negeri 106 Kota              8 Guru PNS

Berita Lainnya

Status Pantai Panjang jadi Catatan BPK RI

BENGKULU- Status peralihan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) serta aset kawasan wisata Pantai Panjang yang dilakukan ...

error: Content is protected !!