Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Lahan Replanting Dikurangi

Lahan Replanting Dikurangi

MUKOMUKO – Usulan lahan replanting atau peremajaan tanaman kelapa sawit, berkurang sekitar 18 hektare, dari total lahan yang sudah diverifikasi mencapai 580,7 hektare. Pengurangan itu langsung dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan).

‘’Lantaran Kementan menduga lahan seluas 18 hektare itu lokasinya masuk dalam wilayah hutan produksi terbatas (HPT),” kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Herry Siagian, S.Hut.

Dijelaskan Calon Penerima dan Calon Lokasi (CPCL) program Replanting itu berawal dari usulan masyarakat. Kemudian dilakukan verifikasi di tingkat Kabupaten oleh Dinas Pertanian. Hasil verifikasi kabupaten diserahkan ke Pemprov Bengkulu, dan diverifikasi lagi.

Kemudian hasil verifikasi Pemprov diserahkan pada Dirjen Perkebunan, juga dilakukan verifikasi lagi. Barulah hasil verifikasi akhir ini diserahkan kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

‘’Dari 580,7 hektare yang kita verifikasi itu, tinggal 562,7 hektare lagi yang akan menerima bantuan. 18 hektare pengurangan ini tak bisa menerima bantuan, infonya karena masuk kawasan HPT,” terang Herry.

Menurutnya dengan sudah dilalui tahapan-tahapan verifikasi dari kabupaten hingga pusat ini, dan telah diterimanya rekomendasi teknis dari BPDPKS. Seharusnya dana bantuan Replanting sudah dikucurkan ke rekening kelompok.

Informasi yang ia dapat, dana bantuan Remplanting kebun sawit masyarakat akan dikucurkan pada bulan Januari ini. Besarannya Rp 25 juta per hektare dan akan dikucurkan langsung ke rekening kelompok. “Kalau sampai saat ini belum ada kabar dana tersebut dikucurkan,” tegas Herry.(hue)

Berita Lainnya

Awasi Proses Pembangunan

MUKOMUKO – Semakin gencarnya pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Mulai dari pemerintah tingkat pusat, provinsi, kabupaten, ...