Rabu , 24 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Masyarakat Harus Maksimalkan Pelyanan Puskesmas

Masyarakat Harus Maksimalkan Pelyanan Puskesmas

BAGIKAN: Dinas Kesehatan BS membagikan kartu Jamkesda di Desa Tungkal II, kemarin (28/1).

KOTA MANNA – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan (BS), M. Redwan Arif M.PH, mengimbau masyarakat agar manfaatkan pelayanan dasar kesehatan di Puskesmas secara maksimal.

Karena, pelayanan maupun fasilitas kesehatan yang dimiliki Puskesmas saat ini telah mumpuni sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan pada tingkat dasar. “Kami berharap masyarakat bisa memaksimalkan manfaat dari pelayanan puskesmas. Karena layanan kesehatan maupun fasilitas yang dimiliki puskesmas sudah lengkap,” terang  Redwan.

Lebih lanjut dijelaskan karakteristik masyarakat saat ini memang lebih banyak mengunjungi rumah sakit daripada Puskesmas ketika mengalami sakit. Atau lebih milih minta surat rujukan agar bisa berobat ke rumah sakit.

“Bagi masyarakat pengguna kartu Jamkesda yang terintegrasi BPJS Kesehatan yang mengalami penyakit ringan, semisal batuk, flu, harusnya bisa memaksimalkan pelayanan puskesmas. Karena di puskemas juga sudah ada tenaga medis, dan fasilitasnya seperti laboratorium juga sudah ada,” ujarnya.

Kalau tidak dimanfaatkan, lanjut Redwan, untuk apa adanya puskesmas. Padahal jika hanya mengalami sakit ringan pada dasarnya bisa ditangani oleh puskesmas. ‘’Kalau pihak Puskesmas tak bisa menangani penyakit yang diderita masyarakat yang berobat ke puskesmas maka mereka akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit. Begitu prosedurnya,” tegas Redwan.

Selain itu Redwan minta kepada para petugas kesehatan di Puskesmas agar dapat meningkatkan serta memperbaiki sistem pelayanan kesehatan di masing-masing wilayah. Maka masyarakat bisa manfaatkan seluruh pelayanan dan fasilitas kesehatan Puskesmas.(tek)

Berita Lainnya

Bongkar 13 Sekretariat KKN, Pemuda Asal Seginim Diamankan Polres

KOTA MANNA – AP (26) warga Seginim spesialis bobol Sekretariat Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa ...

error: Content is protected !!