Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Perpusnas Janjikan Bantu DAK Rp 10 M

Perpusnas Janjikan Bantu DAK Rp 10 M

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko berpeluang mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perpustakaan Rp 10 miliar. Janji ini diberikan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI), untuk tahun anggaran 2020.

Ini bakal direalisasikan Perpusnas, jika Pemkab Mukomuko menggarap serius untuk pembangunan dan peningkatan layanan perpustakaan. Diantaranya yang harus disiapkan Pemkab menyediakan lahan guna bangun gedung perpustakaan. Disertai dengan sertifikat lahan serta pernyataan penggunaan lahan khusus untuk gedung perpustakaan.

Tidak hanya itu, Pemkab juga harus menyediakan detail engineering design (DED) rencana pembangunan gedung perpustakaan. “Jika itu semua siap, kita dikasih batasan DAK khusus sebesar Rp 10 miliar,’’ papar Kabid Pelayanan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Diskapda) Mukomuko, Juni Kurnia Diana, S.AP, kemarin.

Mukomuko ditunggu paling lambat memasukkan usulan tersebut, bulan April 2019 mendatang. Pengajuan tersebut harus disampaikan melalui aplikasi e-planning serta disampaikan bukti fisiknya ke pusat. Meski dibatasi angka Rp 10 miliar, tapi Diskapda sudah siapkan pengajuan sebesar Rp 15 miliar.

“Kami yakin dokumen itu bisa siap sampai April nanti. Karena soal lahan ini sudah diajukan sertifikatnya sejak 2017. Tidak mesti harus atas nama Diskapda. Tidak masalah sertifikat lahan atas nama Pemkab, yang penting peruntukannya untuk perpustakaan,” tandas Juni.

Untuk lokasi lahan, dikatakan Juni, sudah ada dua usulan tempat. Yakni lahan yang berada di samping Kantor Diskapda sekarang. Dan lahan di eks lahan milik Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VII.

“Tahun ini belum jadi kita bangun gedung baru untuk perpustakaan. Dananya gagal dialokasikan oleh pusat, karena dokumen pendukung kita yang mereka minta belum siap. Apalagi mereka juga meminta ada DED sekaligus. Tapi kami optimis, ini bisa secepatnya disiapkan,” tutup Juni.(hue)

Berita Lainnya

Keuntungan Habis untuk Bayar Utang BUMD

MUKOMUKO – Usaha milik salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Mukomuko, PT. Mukomuko ...

error: Content is protected !!