Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Relasi Dikukuhan dan Ikuti Pembekalan

Relasi Dikukuhan dan Ikuti Pembekalan

PEMBEKALAN: KPU Kabupaten RL melakukan pengukuhan dan pelantikan relawan demokrasi sekaligus memberikan pembekalan.

CURUP – Secara resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL) kemarin melantik 55 orang Relawan Demokrasi. Mereka berasal dari berbagai basis yang tersebar di 15 kecamatan Sekabupaten RL. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu hotel di Kabupaten RL dan pembekalan diisi langsung para Komisioner KPU Kabupaten RL.

Terperinci berdasarkan basis, 55 orang tersebut yaitu terbanyak Basis Pemuda 10 orang, Basis Perempuan 8 Orang, Basis Pemula 7 orang, Basis Keagamaan, Basis Keluarga dan Basis Komunitas masing-masing 6 orang. Lalu Basis Marginal, Basis Berkebutuhan Khusus, Basis Netizen dan Basis Disabilitas masing-masing 3 orang.

Diungkapkan Komisioner KPU Kabupaten RL Ujang Mamang kemarin, setelah dilantik dan dikukuhkan, relawan demokrasi atau Relasi langsung diberikan pembekalan. Materi yang diberikan sebagai modal untuk mensosialisasikan pentingnya hak pilih. Sehingga bisa memotivasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya nanti saat pelaksanaan Pemilu.

‘’Materi yang kita berikan dalam pembekalan diantaranya tentang tugas dan fungsi relasi itu sendiri. Bagaimana cara bersosialisasi dan menjaga kode etik. Mulai dari independensi, netralitas, integritas dan materi lainnya. Relasi akan bertugas mulai hari ini (kemarin, red) hingga 28 April 2019 mendatang,’’ terang Ujang.

Ditambahkan Ujang, satu orang relasi, memang ada yang membawahi beberapa kecematan. Ini disesuaikan dengan kapasitas asal basis si relasi dan kebutuhan kecamatan. Seperti yang memiliki basis komuntas, ada yang membawahi hingga 4 kecamatan. Begitu juga basis keagamaan dan berkebutuhan khusus, satu orang Relasi bisa membawahi 4 kecamatan terdekat.

‘’Tentunya ini bukan tugas mudah, namun dengan pembekalan yang sudah diikuti serta kemampuan dasar berdasarkan basis masing-masing, diharapkan tujuan direkrutnya relasi bisa tercapai. Yaitu adanya peningkatan partisipasi pemilih di seluruh wilayah kecamatan pada pelaksanaan Pemilu nantinya,’’ demikian Ujang.(dtk)

Berita Lainnya

Insentif Dokter Belum Dibayar, Termasuk Uang BPJS

CURUP – Meskipun sudah memasuki pertengah April 2019 atau sudah menjelang akhir Catur Wulan Pertama ...

error: Content is protected !!