Rabu , 20 Februari 2019
Home / Daerah / Kaur / Wajib Tindaklanjuti Laporan Dugaan MP

Wajib Tindaklanjuti Laporan Dugaan MP

SOSIALISASI: Anggota Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kaur saat sosialisasi pengawasan pemilu.

KOTA BINTUHAN – Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu Devisi Sosialisasi, Patimah Siregar,  M.Pd mengatakan Bawaslu wajib menindaklanjuti laporan dugaan money politics (MP). Dia mengajak semua pengawas partisipatif mengawasi jalannya pemilu tahun 2019 bersama Bawaslu. Ini dia sampaikan saat menjadi narasumber sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di gedung Kuliner Pemkab Kaur kemarin (28/1).

Karena secara tidak langsung pengawas partisipatif juga berperan menantikan pemimpin dan masa depan bangsa ini ke depan. Dia juga mengajak warga Kaur melaporkan jika ada dugaan MP yang dilakukan calon atau timses.

“Kalau ada temuan dugaan MP, Bawaslu wajib menindaklanjuti kasus itu. Apalagi sudah ada bukti uang walau tsk kabur. Kita semua wajib melaporkan jika ada dugaan MP pada pemilu atau pilkada,” kata Patimah Siregar.

Diakui Patimah kasus MP pada pemilu 2019 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika pemilu sebelumnya temuan MP tidak bisa dilanjutkan ke tingkat pengadilan, jika tersangka pemberi MP kabur selama 14 hari. Sekarang temuan MP wajib naik ke pengadilan ada atau tidak tersangka penyebar MP.

Sebelumnya Anggota Bawaslu Kaur Oyon Zupra berharap peran besar masyarakat ikut mengawasi pemilu. Terutama pengawas partisipatif, karena tanpa bantuan masyarakat sulit bagi bawaslu mengawasi pemilu 2019 dengan detail.

“Kami berharap semua elemen masyarakat Kaur berpartisipasi dalam pengawasan pemilu. Setidaknya memberi informasi jika ada MP atau pelanggaran pemilu. Atau melaporkan pada pihak terkait termasuk Bawaslu jika ada pelanggaran, agar segera ditindaklanjuti,” demikian Oyon.(cik)

Berita Lainnya

Supir Ngantuk, Tabrak Besi Pembatas Jalan Carry Remuk

KOTA BINTUHAN – Laka tunggal kembali terjadi di Kaur, Rabu (20/2).  Kali ini terjadi di ...

error: Content is protected !!