Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Baliho Caleg Ditegur Bawaslu

Baliho Caleg Ditegur Bawaslu

BAHAS BALIHO: Perwakilan Kodim 0423 BU berkoordinasi dengan Bawaslu agar baliho salah satu caleg dicabut atau diganti karena berisi gambar pamen TNI.

ARGA MAKMUR – Bawaslu Bengkulu Utara (BU) memanggil Ketua DPC Demokrat BU, Dedy Syafroni, kemarin (29/1). Hal ini terkait adanya baliho salah satu caleg DPRD Provinsi Bengkulu Dapil BU-Benteng, Ed yang dipasang di wilayah BU yang memuat gambar caleg dengan seorang perwira menengah (pamen) TNI berseragam lengkap.

Pemanggilan yang dilakukan Bawaslu karena baliho tersebut mendapatkan protes dari Kodim 0423 BU karena  menampilkan gambar TNI berseragam lengkap dalam baliho. Hal ini dinilai mengganggu komitmen netralitas TNI dalam pemilu.      Beberapa titik baliho yang terpasang berada di simpang empat Desa Rama Agung, Bundaran Arga Makmur dan depan Sekretariat Partai Demokrat BU. Akibat adanya protes tersebut, siang kemarin gambar pamen TNI dalam baliho itu langsung ditutup dengan cara dicat oleh tim kampanye caleg bersangkutan.

Dandim 0423 BU Letkol. Arh. Ari Trisenta Nursanto, S.Sos mengatakan Kodim sudah berkoordinasi dengan Bawaslu agar baliho tersebut dicabut atau diganti. Pamen TNI yang ada dalam gambar tersebut merupakan TNI aktif dan mengenakan seragam dinas lengkap TNI. “Hal ini kami nilai melanggar perintah Panglima TNI tentang netralitas TNI dalam pemilu. Mungkin personel TNI yang ada dalam gambar tersebut juga tidak dimintai izin untuk gambar yang dipasang itu,” terangnya.

Sementara Kadiv Penindakan Bawaslu BU Tugiran, S.Pd kemarin langsung memerintahkan seluruh Panwascam untuk mengecek keberadaan baliho tersebut. “Kita minta seluruh Panwascam mengeceknya. Kami juga berkoordinasi dengan Partai Demokrat. Jelas ini tidak boleh dilakukan, apalagi jelas ada pelanggaran,” tegas Tugiran.

Terpisah, Dedy Syafroni mengakui adanya gambar tersebut dan baru sadar setelah mengetahui informasi dari TNI. Gambar Pamen TNI bersama sang caleg tersebut memang tertera dalam baliho selain beberapa gambar caleg bersangkutan dengan orang lain. “Kami juga sudah sampaikan pada yang bersangkutan. Saya juga tidak memperhatikan hal itu. Langkah yang sudah diambil Bawaslu saya pikir sudah tepat,” jelas Dedy.(qia)

Berita Lainnya

Tunjangan Sertifikasi 200 Guru Nunggak 6 Bulan

ARGA MAKMUR – Hingga saat ini Dinas Pendidikan Bengkulu Utara (BU) belum menyelesaikan pembayaran tunjangan ...

error: Content is protected !!