Minggu , 24 Februari 2019
Home / Metropolis / Ingatkan Kapolres Awasi Penyaluran Bansos

Ingatkan Kapolres Awasi Penyaluran Bansos

BAHAS: Kadis Sosial Kepulauan Riau Doli Boniara didampingi Kadis Sosial Provinsi Bengkulu Iskandar ZO koordinasi ke ruang Wakapolda Bengkulu selaku Ketua Satgas penyaluran bansos

BENGKULU – Wakapolda Bengkulu, Kombes. Pol. Budi Widjanarko mengingatkan seluruh kapolres di kabupaten untuk serius mengawasi dan mengamankan proses penyaluran dana bantuan sosial (bansos) sebagai implementasi dari kerja sama antara Polda Bengkulu dengan Pemprov Bengkulu yang ditandatangai oleh Kapolda Bengkulu dan Sekda Provinsi Bengkulu.

Ini disampaikannya saat menerima tamu Kadis Sosial Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO dan Kadis Sosial Kepulauan Riau Doli Boniara di ruang kerjanya kemarin (29/1) dalam rangka koordinasi dan silaturahmi. “Saya akan ingatkan para kapolres lakukan pengawasan pendistribusian bansos karena ini sudah merupakan perintah dari pusat, apalagi sudah ada MoU, ini wajib dilaksanakan,” ujar Budi.

Dikatakan Budi, kuncinya dalam penyaluran bansos itu bagaimana peran polisi untuk memastikan keamanan dan validasi data penerima yang akurat serta memastikan bahwa bantuan sampai ke tangan penerima, yakni keluarga penerima manfaat (KPM).

“Kita punya Bhabinkamtibmas di desa, unit intel di kecamatan serta anggota sabhara yang masing-masing perannya sangat krusial. Dan saya selalu wanti-wanti kapolres untuk melakukan pengawasan di kabupaten,” kata Budi.

Ia melanjutkan bahwa saat ini kapolres mulai berkoordinasi dengan dinsos yang ada di kabupaten bekerjasama dengan sekda sebagai ketua tim menyusun atau memverifikasi data masyarakat penerima bantuan. “Jangan sampai nanti data yang disusun tidak valid. Kita ada orang yang sudah mampu atau lepas dari KPM, tapi masih menerima bantuan,” tambah Budi.

Terkait kunjungan kerja Kadis Sosial dari Kepulauan Riau yakni Doli Boniara, Budi menyambut baik dan merasa bangga bahwa Polda Bengkulu dan Dinas Sosial Provinsi Bengkulu jadi tujuan pembelajaran dari provinsi lain karena satu-satunya polda dan pemda di Sumatera yang sudah melakukan kerja sama dalam hal penyaluran bansos.

Kadis Sosial Provinsi Bengkulu Iskandar ZO mengatakan bahwa pemda memang sangat membutuhkan bantuan dari kepolisian. Sebab, kata dia berkaitan dengan bansos ini tugas yang cukup berat. Karena beban dari masyarakat yang dihadapi mulai dari janin, cabang bayi, bayi, anak, remaja sampai lansia. “Dengan adanya bantuan dari kepolisian, hasil pekerjaan bisa lebih maksimal,” demikian Iskandar.(tew)

Berita Lainnya

Minim Tempat Penampungan Sampah

BENGKULU – Penumpukan sampah liar di Kota Bengkulu sangat sulit diatasi. Beberapa median jalan, terlihat ...