Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Jelang Lelang, Rawan Kesalahan Perencanaan

Jelang Lelang, Rawan Kesalahan Perencanaan

ARGA MAKMUR – Anggota Komisi III DPRD BU, Dedy Syafroni menilai tidak selesainya pekerjaan di akhir tahun bukan hanya kesalahan kontraktor yang lamban melaksanakan pekerjaan. Tetapi ada juga kemungkinan karena kesalahan perencanaan yang dibuat oleh OPD pelaksana pembangunan fisik.

Ia meminta setiap OPD benar-benar membuat perencanaan yang matang dalam memutuskan satuan harga barang maupun waktu pengerjaan dalam pelaksanaan proyek fisik. Bahkan wajib bagi perencana mendatangi lokasi dan mengecek harga satuan material hingga ke lokasi. “Jangan sampai dari perencanaannya yang salah yang membuat proyek tidak selesai,” ingatnya.

Ia menilai pekerjaan jalan yang tidak selesai tahun lalu bukan sepenuhnya kesalahan kontraktor. Pasalnya, lokasi pengerasan jalan tidak bisa dilalui oleh truk sehingga material harus dibawa lagi dengan menggunakan kendaraan kecil.      “Sedangkan waktu pengerjaan dan satuan harga sama dengan daerah yang lebih mudah dijangkau. Ini yang menjadi sorotan kita,” katanya.

Dedy mengatakan sudah wajar jika ada penambahan anggaran dan waktu bagi lokasi yang sulit dijangkau. Sehingga pekerjaan sesuai dengan rencana dan bisa dirasakan masyarakat. “Semuanya harus tertuang dalam perencanaan, mulai dari harga hingga waktu pelaksanaan. Terkadang hal-hal non teknis ini yang menjadi kendala hingga pekerjaan tidak selesai,” pungkas Dedy.(qia)

Berita Lainnya

Keluar Tengah Malam, Ditemukan Tergantung

PINANG RAYA – Sukardi (48) warga Desa Marga Bhakti Ketahun ditemukan tewas tergantung di kawasan ...

error: Content is protected !!