Minggu , 19 Mei 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Maret, Pengeringan Irigasi

Maret, Pengeringan Irigasi

MUKOMUKO – Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko bakal melaksanakan pengeringan jaringan irigasi bulan Maret 2019. Bagi masyarakat tani yang sekarang sedang melaksanakan jadwal tanam, supaya dapat mempercepat. Sehingga Maret tanaman padi sawah sudah menua dan siap panen.

“Sudah kita sepakati sebelumnya, Maret masuk jadwal pengeringan irigasi. Selama pengeringan, petani yang sudah panen padi bisa

langsung tanam palawija,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Distan Mukomuko, Ali Mukhibin, S.Hut.

Saat akan dikeringkan, dia akan menyurati kelompok tani. Selama pengeringan irigasi dilakukan, Pemkab Mukomuko akan merehab jaringan irigasi yang rusak. Sebab, hingga sekarang ini ada beberapa titik jaringan perlu direhab. “Paling banyak peningkatan jaringan dari tanah jadi beton, termasuk pembuatan jaringan irigasi baru. Kegiatan yang dibiayai APBD Mukomuko,” lanjut Ali.

Usai pengeringan, petani akan dapat kembali beraktivitas menanam padi seperti biasa. Diharapkan hasilnya akan lebih maksimal, karena suplai air sampai di areal persawahan bisa lebih banyak. “Kita perbaiki jaringannya, karena ada yang bocor, retak dan lain sebagainya. Yang itu dapat mengurangi debit air yang sampai ke sawah petani,” demikian Ali.(hue)

Berita Lainnya

DKP Sidak Nelayan Penerima Bantuan

MUKOMUKO – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko gelar Inspeksi mendadak (Sidak) pada melayan yang ...

error: Content is protected !!