Rabu , 22 Mei 2019
Home / Daerah / Lebong / OPD Diberi Waktu Seminggu

OPD Diberi Waktu Seminggu

PELABAI – Guna memaksimalkan penertiban aset bergerak dan aset tidak bergerak, Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong akan membentuk Tim Terpadu Penertiban Aset (T2PA). Isinya meliputi lintas sektoral. Mulai dari Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bidang Penegakan Hukum dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Aparat Penegak Hukum (APH) dan TNI.

‘’Yang jelas dalam waktu seminggu ini kami masih menyerahkan sepenuhnya penertiban aset kepada masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah, red) pemegang KIB (kartu inventaris barang, red). Nanti akan kami cek progresnya ke masing-masing OPD,’’ tegas Kabid Aset, BKD Kabupaten Lebong, Rizka Putra Utama, M.Si kepada RB, kemarin (29/1).

Jika hasilnya dinilai tidak maksimal, penertiban aset akan langsung diambil alih bidang aset. Ketika masih ditemukan kendala sehingga penertiban tidak berjalan maksimal, maka penertiban aset akan diserahkan kepada T2PA. Salah satu indikasi kendala yang masih dihadapi OPD, pemegang aset tidak mau mengembalikan alias berupaya menguasai aset.

‘’Kami ingatkan agar pemegang aset yang secara administrasi sudah tidak berhak lagi memakainya, segera mengembalikan ke OPD pemegang KIB bersangkutan. Jangan salahkan kami jika nantinya T2PA melakukan upaya penarikan paksa ketika di lapangan masih dijumpai adanya pemegang aset yang masih ngotot ingin menguasai,’’ tukas Rizka.

Disampaikannya, proses penertiban akan dilakukan berjenjang. Diharapnya, proses penertiban aset bisa diselesaikan di tingkat OPD. Mengingat setiap OPD sudah memiliki bendahara barang. Kalaupun dalam pelaksanannya OPD masih menemui kendala, dimintanya OPD bersangkutan melapor ke bidang aset.(sca)

Berita Lainnya

Rumah Penerima Bansos Ditempeli Stiker Miskin

PELABAI – Dalam waktu dekat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong akan ...

error: Content is protected !!