Minggu , 26 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 536 APK Caleg Melanggar

536 APK Caleg Melanggar

ARGA MAKMUR – Bawaslu BU menemukan sebanyak 536 pelanggaran pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) caleg maupun parpol. APK ini baik berupa baliho maupun spanduk.

Pelanggaran terbanyak tidak ada izin tertulis dari pemilik lahan bagi baliho atau spanduk yang dipasang di lahan atau kawasan pekarangan milik masyarakat. Izin tersebut wajib dibuat tertulis dan disampaikan ke Panwascam setempat.

Namun, meskipun sudah mengetahui adanya pelanggaran, Bawaslu justru tidak berhak melakukan penertiban dengan menurunkan atau mengamankan APK tersebut. Komisioner Bawaslu BU, Tri Suyanto menerangkan Bawaslu tidak berhak menurunkan APK tersebut.

Bawaslu harus berkoordinasi dengan Satpol PP yang berhak menindak menurunkan APK yang melanggar. “Namun kita sudah sampaikan surat teguran meminta parpol atau caleg memindahkan sendiri atau mengurus kelengkapan dalam waktu satu kali 24 jam,” jelas Tri.

Jika Satpol PP belum melakukan penertiban dan APK belum dibenahi oleh parpol atau caleg, Bawaslu berhak membuat segel atau cap di tiap APK yang melanggar dengan tulisan bahwa APK tersebut melanggar aturan. “Jika Satpol PP akan melakukan penertiban, mereka tinggal beracuan dari APK yang kami segel untuk diturunkan,” terangnya.(qia)

Berita Lainnya

THR ASN Dibayarkan Senin

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) akan membayarkan gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya ...

error: Content is protected !!