Jumat , 26 April 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Bawaslu Tidak Bisa Spontan Menindak APK Melanggar

Bawaslu Tidak Bisa Spontan Menindak APK Melanggar

MELANGGAR: Inilah baliho-baliho yang melanggar ketentuan jalur hijau di wilayah Kecamatan Curup Tengah yang belum ditertibakan.

CURUP – Hingga saat ini, masih ada Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang diduga melanggar aturan jalur hijau. Namun belum ada tindakan penertiban yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong (RL) maupun Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) setempat.

Salah satunya berbagai baliho APK, baik Caleg RI, Caleg Provinsi maupun Caleg Kabupaten RL yang berada di spanjang jalan Soeprapto Kelurahan Talang Rimbo Kecamatan Curup Tengah. Padahal wilayah tersebut sudah jelas ditetapkan sebagai salah satu jalur hijau atau jalur larangan kampanye, termasuk memasang APK.

Ketua Bawaslu Kabupaten RL Dodi Hendra S kepada RB saat dikonfirmasi kemarin mengakui sudah mengetahui soal temuan APK diduga melanggar jalur hijau tersebut. Namun dirinya mengatakan, mereka tidak bisa secara spontan langsung melakukan penertiban. Karena harus ada mekanisme dan proses yang dilakukan sebelum penertiban dilakukan oleh Panwascam setempat selaku perpanjangan tangan Bawaslu RL.

‘’Kita tidak bisa serta merta langsung melakukan penertiban, karena ada mekanisme yang harus dilalui terlebih dahulu. Sekarang mekanismenya sedang dilaksanakan oleh Panwascam Curup Tengah. Jadi ada mekanisme yang harus dilalui dalam rentang waktu 14 hari setelah adanya temuan dugaan pelanggaran,’’ terang Dodi.

Mekanisme, sambung Dodi, diawali dengan melakukan pemanggilan terhadap orang yang ada di dalam APK untuk melakukan klarifikasi terhadap dugaan pelanggaran yang dilakukan. Apakah benar itu APK miliknya dan dipasang olehnya atau bagaimana. Kalau memang benar, artinya itu pelanggaran dan baru dilakukan penertiban.

‘’Penertiban juga terlebih dahulu dikoordinasikan dengan Pemkab Rejang Lebong melalui Satuan Polisi Pamong Praja yang merupakan perpanjangan tangan pemkab. Karena memang untuk tindakan penertiban, terutama kawasan jalur hijau yang ditetapkan adalah Satpol PP bersama Panwascam setempat. Kita sifatnya hanya merekomendasikan serta mendampingi saat melakukan penertiban,’’ imbuh Dodi.(dtk)

Berita Lainnya

Pembacok Guru Honor Akhirnya Tertangkap

CURUP – Unit reskrim dan unit intel Polsek Curup akhirnya berhasil menangkap Da (40) warga ...

error: Content is protected !!