Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Diskominfo Cek Ke Kantor Pos

Diskominfo Cek Ke Kantor Pos

CEK: Pengecekan TIB oleh Kasat Reskrim dan Kasat Intelkam Polres Mukomuko bersama Bawaslu Mukomuko, Selasa (29/1).

MUKOMUKO – Kalau tidak ada kendala teknis, hari ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mukomuko akan cek ke lapangan. Mendatangi Kantor Pos, untuk mastikan keberadaan Tabloid Indonesia Barokah (TIB). Inisiatif ini, setelah mendapatkan informasi kemarin (31/1), bahwa TIB sudah masuk ke Mukomuko.

Kepala Diskominfo Mukomuko Drs. H. Ruslan, M.Pd, mengatakan pihaknya akan mengawasi peredaran TIB ini. Langkah itu dilakukan bagian dari pengawasan instansinya soal penyebarluasan informasi lewat media cetak. ‘’Masyarakat tak boleh menerima informasi yang tak benar atau belum tahu kejelasannya. Inilah salah satu tugas Kominfo melakukan pengawasan,” tegas Ruslan.

Ditegaskan, tidak hanya TIB yang diawasi. Tapi semua media dalam pantauan Diskominfo. Hanya saja TIB ini diduga telah menyajikan berita yang keluar dari kode etik jurnalistik (KEJ).

“Informasi yang kita peroleh, Dewan Pers selaku lembaga berkompeten telah menyatakan isi tabloid tersebut– bukan karya jurnalistik. Kemudian pihak Bawaslu, karena kini masa kampanye Pemilu, juga ikut mengawasi peredaran tabloid itu. Nah, Pemkab selayaknya membantu. Dan Kominfo selaku instansi terkait akan turun melakukan pengawasan,” papar Ruslan.

Rencananya, tim dari Diskominfo Mukomuko akan turun ke Kantor-kantor Pos, terutama yang diketahui mendapat paket kiriman TIB. Adalah ke Kantor Pos Kota Mukomuko dan Kantor Pos Lubuk Pinang.

‘’Besok (hari ini- red) atau secepatnya tim akan turun. Rencana, sasaran kita ke Kantor Pos dahulu. Karena menurut informasi, tabloid ini dikirim melalui Pos. Kita juga minta masyarakat melaporkan kepada Diskominfo atau pihak berwajib jika mendapati tabloid tersebut beredar,” pinta Ruslan.

Sebelumnya, hari Selasa (29/1), Kasat Reskrim serta Kasat Intelkam Polres Mukomuko bersama Bawaslu Mukomuko datangi 2 kantor pos tersebut. Setelah sebelumnya mendapat informasi ada paket kiriman yang tiba di dua kantor pos tersebut.

Total, ada 10 eksemplar TIB yang belum didistribusikan oleh pihak Kantor Pos. Terbagi dalam 5 paket, dengan masing-masing paket berisi 2 eksemplar TIB. Alamat yang dituju oleh pengirim, 5 masjid yang tersebar di sejumlah desa di Kabupaten Mukomuko.(hue)

Berita Lainnya

Awasi Proses Pembangunan

MUKOMUKO – Semakin gencarnya pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Mulai dari pemerintah tingkat pusat, provinsi, kabupaten, ...