Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Daerah / Kaur / Harga Duku Anjlok Rp 2 Ribu Per Kilo

Harga Duku Anjlok Rp 2 Ribu Per Kilo

KOTA BINTUHAN – Harga buah duku kini membuat petani sedih. Setiap hari harga duku terus turun, terbaru satu kilo hanya Rp 2 ribu. Dengan harga itu petani sudah rugi, namun tetap tidak ada juga pembelinya. Petani duku paling merugi ada di Kecamatan Muara Sahung. Hasil panen duku di kecamatan ini tahun ini berlimpah, sehingga harganya jatuh. Kebun duku tidak lagi dijaga pemiliknya.

Sehingga setiap warga yang mau makan bisa sepuasnya, petani sengaja membiarkan dukunya membusuk di batang. Karena biaya memetik duku tidak sebanding dengan harga jual. Harga duku diperkirakan akan semakin turun dalam beberapa minggu ke depan. “Harga tahun ini sangat hancur, karena hampir semua duku berbuah serentak. Sementara permintaan dari daerah lain tidak ada,” kata Kades Ulak Bandung, Zulaini, S.Sos.

Selain duku di Muara Sahung juga sedang musim buah durian. Harganya juga murah, dengan Rp 7 ribu warga sudah dapat durian besar. Kondisi ini jadi keluhan petani. Lalu buah manggis yang juga anjlok harganya. “Kita kalau beli banyak bisa lebih murah lagi, karena menumpuk di mana-mana. Di kebun banyak yang tidak lagi dipanen,” kata Medi warga Muara Sahung.(cik)

Berita Lainnya

Kasus DBD Marak, Dinkes Ajak Gerakan PSN

KOTA BINTUHAN – Maraknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kaur jadi perhatian khusus Bupati ...

error: Content is protected !!