Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Jembrana Kembali Mengganas

Jembrana Kembali Mengganas

MUKOMUKO – Penyakit Jembrana kembali mengganas di Kabupaten Mukomuko. Ini terpotret, baru satu bulan memasuki tahun 2019, dilaporkan sudah 59 ekor sapi mati. Diduga kuat sapi-sapi ini terkena penyakit Jembrana. Padahal tahun 2018 sudah ratusan ekor sapi yang mati diakibatkan Jembrana.

Sebaran sapi yang mati adalah di wilayah Desa Rawa Bangun SP 10 Kecamatan XIV Koto ada 49 ekor sapi mati mendadak lalu 9 ekor terjadi di Desa Tirta Makmur Kecamatan Air Manjunto. “Kalau dugaan kami akibat adanya penyakit jembrana. Kejadian tersebut terjadi beberapa hari yang lalu,” papar Kabid Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Warsiman, S.Pt, kemarin.

Untuk mencegah terjadinya penularan akibat dugaan penyakit jembrana. Ia bersama petugas kesehatan hewan sudah langsung turun ke lokasi. Ini untuk melakukan vaksinasi terhadap sapi milik warga setempat.

Pihaknya menargetkan, seluruh sapi milik warga Desa Rawa Bangun dan Desa Tirta Makmur bakal diberikan vaksin. “Takutnya kalau tidak kita berikan vaksin, maka kasus jembarana akan kembali bertambah,” kata Warsiman.

Untuk jumlah vaksin, Warsiman memastikan cukup. Sebab bantuan vaksin dari pemerintah provinsi dan pusat sangat banyak sekali. Ini pascaratusan ekor sapi di Kabupaten Mukomuko mati mendadak akibat jembrana di tahun 2018.

“Vaksin kami pastikan cukup. Diharapkan dengan pemberian vaksin ini, tidak ada lagi sapi milik warga yang mati mendadak akibat Jembrana,” tandasnya.(hue)

Berita Lainnya

Ribuan Massa Hadiri Deklarasi Anti Hoak

MUKOMUKO – KPU Mukomuko menelenggarakan konsolidasi Pemilu 2019 dan deklarasi Pemilu 2019 anti hoak, kemarin ...

error: Content is protected !!