Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Metropolis / Kaji Izin Usaha Pusat Kuliner di Pantai Berkas

Kaji Izin Usaha Pusat Kuliner di Pantai Berkas

SIAP MELAYANI: Staf di pelayanan perizinan A sedang merekap permohonan izin yang masuk ke DPMPTSP Kota Bengkulu.

BELUNGKU – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu masih mengkaji izin usaha pusat kuliner baru di kawasan Pantai Berkas. Konsep dari pusat usaha kuliner ini nantinya terdapat pojok lapak untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).

Seperti disampaikan Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan A DPMPTSP, Kota Bengkulu, Afri Candriani, SE, M.Si. Baru-baru ini masuk permohonan izin untuk usaha kuliner baru ke DPMPTSP Kota Bengkulu. Menindaklanjuti pengajuan izin ini, kemarin DPMPTSP Kota Bengkulu menggelar rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis terkait lainnya.

Hadir dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Bengkulu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), bagian hukum, pemerintahan dan kerjasama daerah. “Pemohon izin langsung mempresentasikan proposal permohonan izinnya dihadapan kita. Konsepnya seperti apa, termasuk lokasinya dimana,” kata Afri.

Dalam presentasi dipaparkan oleh pemohon izin kemarin di kantor DPMPTSP Kota Bengkulu, sambung Afri, diketahui untuk lokasi usaha kuliner baru ini rencananya bertempat di kawasan pantai Berkas. Konsepnya juga dengan menyediakan pojok lapak untuk UKM di kawasan usaha kuliner ini. “Tadi (kemarin, red) baru sebatas presentasi. Selanjutnya pemohon izin kita minta melengkapi persyaratan perizinan lainnya,” terang Afri.

Menurutnya, disetujui atau tidaknya permohonan izin usaha pusat kuliner ini tergantung dari kelengkapan persyaratan yang diajukan oleh pemohon izin. Begitu juga dengan lamanya proses izin keluar. Nantinya DPMPTSP juga akan mengecek kelapangan bersama pihak-pihak terkait untuk memastikan kelengkapan persyaratan. “Pada intinya, dikeluarkan atau tidak izin, lama atau cepatnya tergantung dari pemohon izin itu sendiri,” tegas Afri.

Terpisah Kadis Pariwisata  Kota Bengkulu Starifuddin C, SH membenarkan adanya rencana untuk pembukaan usaha pusat kuliner baru di Kota Bengkulu. Namun baru sebatas pengajuan permohonan izin kepada DPMPTSP. Dari Dinas Parwisata Kota Bengkulu sendiri nantinya hanya mengeluarkan rekomendasi, tentunya setelah dilakukan pengecekan kelapangan dan kelengkapan lainnya.

“Yang mengeluarkan izin itu DPMPTSP, pariwisata hanya mengeluarkan rekomendasi sesuai dengan hasil pantauan dan monitoring di lapangan,” tutupnya. (key)

Berita Lainnya

Kedua Kalinya, SMAN Pentagon Juarai PIK-HIMAMIA UNIB

KOTA BINTUHAN – Untuk kedua kalinya SMAN 10 Pentagon Kaur menuarai Pekan Ilmiah Kimia (PIK) ...

error: Content is protected !!