Sabtu , 14 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Mobil PDT Ketenong I, Diduga Dilarikan

Mobil PDT Ketenong I, Diduga Dilarikan

PELABAI – Penertiban mobil dinas (mobnas) bantuan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT) di Kabupaten Lebong belum berjalan maksimal. Dari 61 unit mobil yang diperbantukan ke desa, baru 26 unit yang berhasil ditarik Bidang Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) Kabupaten Lebong. Bahkan 1 dari 35 unit mobil yang belum diserahkan ke Perhubungan belum diketahui keberadaannya, Yakni mobil Mitsubishi Strada single cabin nopol BD 9065 HY operasional Desa Ketenong I, Kecamatan Pinang Belapis.

Informasi yang beredar mobil itu sengaja dibawa oknum warga Desa Embong Uram, Kecamatan Uram Jaya yang diketahui masih ada hubungan keluarga dengan mantan Kepala Desa Ketenong I  yang sejak 2018 dipenjara atas dugaan kasus korupsi Dana Desa (DD) tahun 2015.

‘’Dari informasi itu, kami langsung mendatangi rumah oknum bersangkutan di Desa Embong. Namun mobil bantuan Kemendes PDT itu tidak kami temukan. Namun dari keterangan tetangganya, mobil itu memang sempat parkir lama di rumah oknum bersangkutan,’’ tegas Kabid Perhubungan, Dinas PUPRHub Kabupaten Lebong, Ummi Haidar Rambe, ST, M.Si.

Dimintanya oknum bersangkutan segera menyerahkan mobil itu ke Dinas Perhubungan. Jika tidak dikembalikan dalam waktu dekat, Ummi pastikan akan menempuh jalur hukum karena tindakan oknum masuk kasus penggelapan aset negara. Bukan tanpa alasan, dugaan oknum bersangkutan sengaja melarikan mobil itu sesuai dengan hasil penelusuran yang dilakukan tim penertiban aset Bidang Perhubungan.

‘’Kalau pengakuan warga sekitar belum sampai sebulan ini mobil itu tidak lagi terlihat di depan rumah oknum bersangkutan. Kan sudah jelas, mobil bantuan untuk desa itu diserahkan ke OMS (organisasi masyarakat setempat, red). Kok bisa dipakai perorangan di luar OMS tanpa sepengetahuan pihak Perhubungan,’’ tukas Ummi.

Data dihimpun, tiga unit mobil lainnya sengaja belum ditarik pihak Perhubungan karena kondisi mesinnya mati total. Antara lain mobil yang dipegang OMS Desa Danau Liang, OMS Desa Ketenong II dan OMS Desa Tik Sirong. Bahkan untuk mobil PDT di Desa Tik Sirong, velg berikut bannya sudah tidak ada. (sca)

Berita Lainnya

Lelang Direktur PDAM Diundur 2020

PELABAI – Lelang jabatan Direktur PDAM Tirta Tebo Emas (TTE) Kabupaten Lebong diundur 2020. Itu ...

error: Content is protected !!