Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Seluma / Polisi Lepas Truk Pengangkut Pupuk

Polisi Lepas Truk Pengangkut Pupuk

DILEPAS: Sempat diamankan dua jam, truk pengangkut pupuk bersubsidi dilepas, kemarin (31/1).

SELUMA – Tiga unit truk bermuatan pupuk bersubsidi total sejumlah 30 ton, diamankan ke Mapolres Seluma, kemarin (31/1) sekitar pukul 12.00 WIB. Namun selang dua jam kemudian, ketiga truk beserta pupuk, dilepas oleh Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Seluma. Ini setelah pemeriksaan dilakukan, sopir dapat menunjukkan surat dan dokumen sah pengangkutan dan pendistribusian pupuk bersubsidi tersebut.

‘’Awalnya tiga truk ini diamankan oleh Sat Sabhara karena mencurigai muatan truk itu. Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Mapolres, sopir truk dapat menunjukkan dokumen pupuk itu, tak ada alasan bagi kami untuk menahan dan memprosesnya lebih lanjut. Jadi tadi siang truk itu telah kami persilakan lanjutkan perjalanan,’’ terang Kapolres Seluma AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP. Rizka Fadhilah, SH, S.Ik dan Kanit Tipidter Ipda. Catur Prasetya.

Dijelaskan Catur ketiga truk yang membawa pupuk bersubsidi itu dari gudang pupuk Pusri Bengkulu menuju ke gudang agen penyalur di Kecamatan Semidang Alas (SA) dan ke Kabupaten Kaur. ‘’Sebanyak 20 ton pupuk tersebut untuk agen di Kecamatan SA, 10 ton lagi untuk agen di Kabupaten Kaur,’’ ujar Catur.

Lanjutnya pupuk bersubsidi yang diangkut jenis Ponska sebanyak 10 ton, NPK sebanyak 10 Ton, jenis Z-A sebanyak 5 Ton dan SP36 sebanyak 5 ton. ‘’Sekalipun truk ini kita lepas, pendistribusian pupuknya tetap kita pantau. Bila penyalurannya tidak tepat sasaran atau melanggar aturan, maka agennya yang akan kita proses secara hukum,’’ tegas Catur.

Salah seorang sopir truk pengangkut pupuk bersubsidi, Nata (43) mengatakan pupuk tersebut diangkut dari gudang Pusri Bengkulu untuk disalurkan ke agen resmi penyalur pupuk bersubsidi tersebut. ‘’Hanya miss komunikasi saja pak. Surat jalan kami lengkap dan tujuannya juga jelas. Jadi begitu surat tersebut diteliti oleh Polres Seluma dengan menghubungi Kantor Pusri kami langsung diperbolehkan melanjutkan perjalanan,’’ demikian Nata.(aba)

Berita Lainnya

Kemarau, Harimau “Teror” PT. MSS

TALO KECIL – Warga di Desa Sungai Petai dan Desa Batu Balai, Kecamatan Talo Kecil ...

error: Content is protected !!