Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Rp 800 Juta untuk Tanam Bawang Merah

Rp 800 Juta untuk Tanam Bawang Merah

MUKOMUKO – Kementerian Pertanian (Kementan) akan mengucurkan dana sebesar Rp 800 juta ke Kabupaten Mukomuko guna mengembangan tanaman bawang merah. Dana itu dikucurkan via Dinas Tanaman Pangan Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Bengkulu.

Pengucurannya dana tersebut ke Kabupaten Mukomuko berupa penyediaan mulsa dan bibit bawang merah. Dengan pagu dana Rp 510 juta. Kemudian fasilitasi bantuan sarana produksi kepada petani cabe mencapai Rp 250 juta. Kemudian bantuan penyediaan gudang pascapanen untuk bawang merah, dengan pagu dana Rp 165,6 juta. Serta bantuan untuk pascapanen bawang merah sekitar Rp 40 juta.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat, S.Hut, dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan pengembangan tanaman bawang merah. Tanaman tersebut yang melaksanakannya Pemprov Bengkulu melalui dinas terkait.

‘’Memang ada kita disurati untuk sejumlah rencana kegiatan khusus tanaman bawang merah. Tetapi kapan mulainya, ini yang kami juga belum tahu,” kata Wahyu, kemarin (31/1).

Untuk pengembangan tanaman bawang merah Mukomuko diberi kuota sebanyak 15 hektare. Lahan yang akan digunakan sudah diverifikasi oleh tim dari DTPHP Provinsi Bengkulu. Lokasinya ada di Kecamatan Teras Terunjam dan Teramang Jaya. Kemudian sebagian kecil di Kecamatan V Koto. Dengan jumlah kelompok tani (Poktan) yang menyukseskan program penanaman bawang merah, sebanyak lima Poktan. ‘’Sudah diverifikasi, yakni di Teras Terunjam, Teramang Jaya dan di V Koto,” ujar Wahyu.

Sekarang para petani menunggu bantuan tersebut. Jika bantuan sudah turun, petani akan turun menggarap lahan. Meski mendapat jatah 15 hektare, namun dalam penanamannya nanti tidak ada keharusan dilaksanakan serentak. “Jika bantuan turun, petani langsung bergerak. Sekarang petani tinggal menunggu bantuan itu,” demikian Wahyu.(hue)

Berita Lainnya

Reward 36 Paskibraka Jalan-jalan ke Bogor

MUKOMUKO – Ini yang kali pertama diberikan reward oleh Pemkab Mukomuko kepada Pasukan Pengibar Bendera ...

error: Content is protected !!