Jumat , 24 Mei 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Usulkan Subsidi Tarif PDAM

Usulkan Subsidi Tarif PDAM

KEPAHIANG – Guna mencari jalan tengah atas krisisi finansial yang dialami PDAM Tirta Alami Kepahiang yang terjadi terus menerus, manajemen PDAM mengusulkan ke Pemkab Kepahiang untuk bisa memberlakukan penetapan subsidi tarif PDAM untuk para pelanggannya.

Hal ini diungkapkan Anggota Badan Pengawas PDAM Tirta Alami Kepahiang, Karmolis, ST. Dengan adanya subsidi tarif pelanggan PDAM, seperti yang dilakukan oleh PLN dan Pertamina, diharapkan bisa memperbaiki kondisi keuangan yang dialami PDAM. Dimana dengan adanya penetapan subsidi tarif, pelayanan kepada pelanggan tetap terjamin kendati pelanggan memiliki kelemahan dalam kemampuan pembayaran iuran.

“Subsidi tarif bisa saja diberlakukan, karena aturannya sudah ada yakni Permendagri Nomor 70 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pemberian Subsidi dari Pemerintah Daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah. Selain itu juga ada Peraturan Pemerintah Nomor 122 Tahun 2015 Tentang Sistem Penyediaan Air Minum. Berdasarkan kedua payung hukum inilah kita coba mengusulkan pemberlakuan subsidi tarif PDAM di Kepahiang,” beber Karmolis.

Berkurangnya pendapatan manajemen PDAM Tirta Alami, dijelaskan Karmolis lantaran sekitar 2.000 pelanggan tidak lagi ditarik iuran tagihannya sejak tahun 2017 lalu, yang disebab debit air tidak lagi terjangkau ke rumah pelanggan. “Seperti pelanggan di wilayah Permu, Imigrasi Permu, Padang Lekat, Pasar Ujung di Kecamatan Tebat Karai rata-rata sudah tidak lagi menjadi pelanggan PDAM. Aliran air tidak terjangkau lagi ke rumah pelanggan, karena kapasitas air yang menurun,” jelas Karmolis.(sly)

Berita Lainnya

Tunggu Putusan Hukum Tetap

KEPAHIANG – Pascaditetapkannya Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes), dan Bendahara Desa (Bendes) Ujan Mas ...

error: Content is protected !!