Jumat , 26 April 2019
Home / Olahraga / Bikin Kian Sesak

Bikin Kian Sesak

Jean-Clair Todibo

BARCELONA – Entah apa yang menjadi pertimbangan manajemen Barcelona saat mempercepat transfer Jean-Clair Todibo dari Toulouse kemarin. Ya, bek 19 tahun tersebut, sejatinya baru bergabung awal musim depan dengans status free transfer lantaran kontraknya bersama kontestan Ligue 1 habis.
Tidak diketahui pasti jumlah uang yang harus dibayar Barca untuk Todibo. Namun, bila mengacu kepada market value Transfermarkt, harga bek 189 cm itu adalah EUR 7,2 juta (Rp 115,1 miliar). ”Kesepakatan mempercepat kedatangan Todibo termasuk kontrak selama 4,5 musim hingga 2022-2023,” bunyi pernyataan resmi Barcelona.
Keputusan Barca mendatangkan bek berkebangsaan Prancis itu enam bulan lebih cepat mungkin lebih agar dia bisa tune in untuk musim depan. Sebab, bila targetnya adalah menembus tim utama, maka peluang Todibo sangat kecil meski dia memakai nomor 6 peninggalan Xavi Hernandez.
Itu dikarenakan saat ini total ada lima bek tengah yang ada di tim utama selain Todibo. Mereka adalah Gerard Pique, Clement Lenglet, Samuel Umtiti, Thomas Vermaelen, dan Jeison Murillo. Nama terakhir juga baru didatangkan di bursa transfer Januari dengan status pinjaman dari Valencia.
Namun, ada faktor lain. Yakni karena Todibo sudah menghabiskan hampir tiga bulan latihan dengan tim cadangan Toulouse dan hanya duduk di bangku cadangan tim utama. Itu imbas dari penolakannya untuk menandatangani kontrak baru.
Nah, Barca sadar bahwa potensi pemainnya bisa tergerus bila hanya duduk di bangku cadangan untuk waktu yang lama. Sedangkan bersama Barca dia bisa berlatih bersama tim utama atau berlaga bersama Barcelona B. Bukan tidak mungkin, bila progresnya meningkat, dia bisa tampil dengan tim utama. Faktor lain, Todibo juga diproyeksikan sebagai suksesor Gerard Pique.(io)

Berita Lainnya

Atlet Binaan Porpu Mendominasi

BENGKULU –Tampaknya pebulutangkis yang akan memperkuat kontingen Kota Bengkulu pada perhelatan Pekan Olahraga Pelajar (Popka) ...

error: Content is protected !!