Jumat , 26 April 2019
Home / Metropolis / DAK Rp 1,5 M, Rehab Pasar Barukoto Dimulai

DAK Rp 1,5 M, Rehab Pasar Barukoto Dimulai

BENGKULU – Kawasan Pasar Barukoto tampaknya menjadi perhatian serius oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu untuk direvitalisasi menjadi pusat Mal Pelayanan Publik. Dalam pembangunannya, Pemkot mendapat bantuan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 1,5 miliar untuk pembangunan sejumlah los dan auning untuk pedagang di Pasar Barukoto I.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota, Dewi Dharma mengungkapkan, pembangunan los dan kios para pedagang di pasar Barukoto I itu melalui dana DAK sebesar Rp 1,5 miliar. Dan pihaknya saat ini sedang menyiapkan untuk proses lelang proyek tersebut. “Nantinya proyek pembangunan itu untuk kawasan pasar wisata Barukoto, tempat kuliner dan sejumlah pedagang yang berjualan khas oleh-oleh Bengkulu. Insya Allah sekitar bulan Maret atau April proyek itu mulai dikerjakan,” tutur Dewi.

Terkait adanya rencana pembangunan Mal Pelayanan Publik, menurut Dewi lokasi lahan yang dibangun antara los dan kios pedagang itu berbeda dengan lokasi pembangunan Mal Pelayanan Publik tersebut. “Kalau lokasi bangun Mal Pelayanan Publik itu berbeda. Sedangkan kalau pembangunan dari dana DAK ini wilayah dekat arah depan menuju kawasan Benteng Marlborought atau tepatnya dekat kantor UPTD pasar,” ungkapnya.

Sedangkan renovasi pasar lainnya, lanjut Dewi, masalah renovasi kawasan pasar lainnya memang menjadi kajian Pemerintah Kota. Akan tetapi anggaran APBD kota sangat terbatas. Sehingga perehaban pasar tradisional lainnya dilakukan secara bertahap.  “Karena prinsipnya kita ingin menjadikan pasar tradisional kita masih tetap berkembang maju ke depannya. Tentunya bisa menghasilkan peningkatan PAD dari sektor pasar lumayan tinggi. Mudah-mudahan kedepan usulan perehaban pasar lainnya itu diterima,” tutupnya.

Sementara itu Anggota Komisi III DPRD Kota Suimi Fales mengatakan, terkait rencana pembangunan kawasan Pasar Barukoto tersebut harus dikonsep secara matang.(new)

Berita Lainnya

Ketersediaan Daya Listrik Overload, Bengkulu Siap jadi Kawasan Ekonomi Khusus

BENGKULU– Ketersediaan listrik di Bengkulu saat ini sudah overload. Manager PLN area Bengkulu, Hanfi Adrhean ...

error: Content is protected !!